1/8 Fried Rice

Fried rice.jpgFoto dok: damndelicious.net

Nasi goreng kimchi atau yang dikenal sebagai kimchi bokkeumbap di Korea adalah hidangan termudah, paling serbaguna dan bisa dibilang paling populer di kalangan para pecinta kuliner. Untuk membuatnya, kamu hanya butuh menumis kimchi dan mencampurkannya ke nasi. Selain itu, kamu juga dapat menambahkan berbagai protein sesuai dengan seleramu, mulai dari tuna, daging ayam maupun sapi. Untuk hidangan yang lebih formal, kamu pun dapat menggunakan daging wagyu dan telur mata sapi yang dimasak sempurna untuk melengkapi hidangan. Untuk menambah rasa, gunakan bawang putih, kecap asin secukupnya dan tambahkan irisan bombay atau sayuran lainnya.

2/8 Bibim Guksu (mixed salad)

Bibim Gyksu.jpgFoto dok: mykoreankitchen.com

Bosan dengan sajian salad yang itu-itu saja? Jika iya, maka kamu harus mencoba hidangan Bibim Guksu yang terbuat dari campuran mi soba dingin dan potongan sayur-mayur yang menyegarkan. Untuk menambah tekstur, pilihlah sayuran seperti mentimun, wortel atau kol. Setelah semua sayuran tercampur, tambahkan cuka beras, madu, gula secukupnya, minyak wijen dan biji-bijian sesuai selera. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan taburan biji wijen, telur rebus maupun saus khas Korea, gochujang untuk rasa yang lebih pedas.

3/8 Burger

Burger.jpgFoto dok: tablefortwoblog.com

Siapa bilang kalau kimchi hanya dapat dicampurkan di nasi atau di mie saja. Untuk resep yang lebig kreatif, kamu pun dapat menggunakannya sebagai isian burger. Cara membuatnya pun sangat mudah. Setelah daging siap untuk disajikan, letakkan kimchi di atasnya dan tambahkan keju mozzarella serta caramelized onion. Perpaduan rasa manis, asam, asin dan pedas pastinya akan menggugah selera bersantapmu.

4/8 Pizza

Pizza.jpgFoto dok: culinaire.ecape.cooking Instagram

Jika kimchi burger terlalu berat untukmu, maka cobalah pizza dengan taburan kimchi. Campurkan keju pilihanmu, bawang putih dan protein sesuai selera untuk menambah rasa dan tekstur. Selain itu, kamu pun juga dapat menikmatinya dengan segelas soju dingin atau susu pisang khas Korea.

5/8 Udon dan Ramen

Ramen.jpgFoto dok: lindseyatsla.com

Baik disajikan panas maupun dingin, kimchi udon atau ramen tentunya selalu menggugah selera bersantap kita. Selain dapat dicampurkan ke kuah, kamu pun juga dapat membuat mie goreng. Untuk rasa yang lebih kaya, gunakan kaldu tulang asli dan jangan lupa untuk tambahkan tempura udang maupun sayuran.

6/8 Mandu (Dumplings)

Mandu.jpgFoto dok: HouseandHome.com

Who doesn’t love mandu on rainy days? Dumpling dengan berbagai macam isian ini juga bisa kamu kreasikan dengan kimchi. Selain dapat dinikmati bersama dengan ramen atau udon, kamu pun juga dapat menbuat sup dumpling yang kaya rasa yang pastinya akan menghangatkan tubuh.

7/8 Kimchi Jjigae (Stew)

Jigae.jpgFoto dok: Thespruceeats.com

Makanan khas Korea Selatan yang juga menjadi favorit para pecinta kuliner adalah Kimchi Jjigae atau stew. Resep membuatnya pun sangatlah mudah. Kamu cukup mencampurkan kimchi tua, daging sapi atau lainnya sesuai selera, kaldu ayam atau air untuk merebus dan tahu. Beberapa resep juga menyarankan agar kita menggunakan air bekas bilasan beras untuk rasa yang lebih kaya. Tips dari kami, jika kamu menggunakan kimchi tua pastikan bahwa kamu menyeimbangkan rasa asamnya dengan bumbu dan lemak, jika kamu menggunakan daging.

8/8 Pancake

pancake.jpgFoto dok: bbc.co.uk

Dikenal sebagai kimchi-buchimgae atau kimchi-jeon, pancake ini tentunya memiliki rasa yang gurih jika dibandingkan dengan pancake ala Barat. Sering dihidangkan sebagai makanan pendamping utama atau cemilan, kimchi-jeon sangatlah mudah untuk dibuat. Cukup campurkan tepung, telur, air, potongan kimchi serta potongan cabai hijau dan merah untuk menambah rasa pedas. Jangan lupa tuangkan garam dan kecap asin secukupnya. 

Source: hk.asiatatler.com