Menyambut hari raya Paskah yang akan jatuh pada tanggal 4 April mendatang, tidak ada salahnya jika kamu mencoba berbagai resep masakkan untuk dinikmati bersama keluarga dan orang terkasih. Selain menyehatkan, kelima hidangan ini juga kaya akan rasa dan menggugah selera bersantapmu. Berikut resepnya.

1/5 Torta Pasqualina – Laura Vitale

Laura.jpgFoto dok: Laurainthekitchen.com 

Celebrate this year’s Easter like Italians with Laura Vitale’s Torta Pasqualina. Dikenal sebagai pie khas Italia, hidangan ini merupakan salah satu menu wajib yang harus dinikmati saat perayaan Paskah. Untuk membuatnya pun mudah dan hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam. Berikut bahan-bahan yang wajib kamu siapkan.

Bahan untuk membuat crust:

2-1/2 cup tepung terigu
¼ cup olive oil
1sdt garam
½ cup air es

Filling:

2 box / 500 gram bayam yang sudah di blanch dan diperas airnya
½ bawang bombay dipotong dadu
2 sdm olive oil
2 telur
0.45 kg whole milk ricotta
Garam dan merica hitam secukupnya
½ cup keju parmesan yang sudah diparut
Oregano secukupnya

Cara memasak:

  1. Mulailah dengan membuat crust-nya terlebih dahulu. Masukkan tepung, garam dan minyak zaitun ke dalam standing mixer dan aduk rata. Selagi itu, tambahkan air hingga adonan menyatu. Untuk membuat adonan tidak menempel, tambahkan air secara perlahan hingga mencapai tekstur yang kamu inginkan. Setelah itu, keluarkan adonan dan buat menjadi bola. Tutup dengan bungkus plastic dan masukkan ke dalam lemari es selama satu jam. Jika sudah hampir satu jam, panaskan oven hingga 400 derajat dan mulailah mengisi crust dengan bahan isian.
  2. Dalam wajan, tambahkan minyak dan bawang dan tumis selama beberapa menit, tambahkan bayam, sedikit garam dan masak bersama selama sekitar satu menit, pindahkan campuran ke mangkuk dan biarkan dingin.
  3. Ke dalam mangkuk berisi bayam, tambahkan ricotta, 2 butir telur, parmesan, oregano dan garam, aduk rata dan sisihkan.
  4. Olesi panci pie dengan minyak zaitun dan sisihkan. Pisahkan adonan menjadi dua bagian, satu lebih besar dari yang lain (yang lebih besar untuk alasnya). Gulingkan potongan yang lebih besar hingga cukup besar untuk menutupi bagian bawah dan sisi wajan, lalu isi dengan isian bayam, buat 4 lekukan di isian dan tambahkan telur dengan hati-hati di setiap lubang.
  5. Gulung bagian atas, letakkan dengan hati-hati di atas, lalu cubit setiap ujung crust untuk menutup, buat sedikit celah di tengah dan terakhir, olesi bagian atas dengan sedikit minyak zaitun.
  6. Panggang pie selama sekitar satu jam atau sampai berwarna cokelat keemasan, kemudian Torta Pasqualina pun siap disajikan.

2/5 Lovely Lamb Hotpots – Jamie Oliver

Jamie.jpgFoto dok: jamieoliver.com

Bahan-bahan:

3 bawang bombay merah (red onion)
400 gram lamb neck fillet
6 sdm mint sauce
4 sdt umami paste
500 gram kentang

Cara membuat:

  1. Panaskan oven hingga 170ºC / 325ºF
  2. Kupas dan potong kasar bawang bombai, potong daging menjadi ukuran 3cm, lalu letakkan di dalam ovenproof bowl. Lalu, letakkan di atas nampan oven yang besar.
  3. Tambahkan 1 sendok teh saus mint dan pasta umami ke masing-masing mangkuk, diikuti dengan 150ml air dan sedikit garam laut dan lada hitam. Aduk rata.
  4. Siapkan kentang, lalu iris menggunakan food slicer dengan ketebalan ½ cm atau ukuran yang diinginkan. Lalu, masukkan kentang ke dalam ceramic bowl dan tata di atas adonan daging.
  5. Ratakan semua adonan hingga padat, lalu tutup dengan aluminum foil dan panggang selama 2 jam. Lepaskan aluminum foil selama 30 menit setelah dikeluarkan dari oven dan taburkan sisa saus mint yang tersisa pada hidangan.

3/5 Spring Green Risotto – Ina Garten

ina.jpgFoto dok: food.com

Spring Green Risotto merupakan salah satu resep Ina Garten yang paling digemari oleh para pecinta kuliner. Perpaduan irisan daun bawang, nasi Arborio, asparagus, kacang polong dan fennel ini merepresentasikan masakkan musim semi yang menggugah selera. Berikut bahan-bahan yang kamu butuhkan.

Bahan-bahan:

1 1/2 sdm olive oil
1 1/2 sdm unsalted butter
3 cups leeks/ daun bawang besar yang sudah diiris
1 cup fennel yang sudah diiris
1 1/2 cups Arborio rice
2/3 cup dry white wine
4 to 5 cups kaldu ayam (lebih baik jika dimasak sendiri)
0,45 kg asparagus
0,2 kg kacang polong
1 sdm freshly grated lemon zest (2 lemons)
Kosher salt dan lada hitam
2 sdm jus lemon peras
1/3 cup mascarpone cheese, preferably Italian
1/2 cup freshly grated Parmesan, plus extra for serving
3 sdm minced fresh chives, plus extra for serving

Cara membuat:

  1. Panaskan minyak zaitun dan mentega dalam panci berukuran sedang dengan api sedang. Tambahkan daun bawang dan fennel, tumis selama 5 sampai 7 menit, sampai empuk. Tambahkan nasi dan aduk sebentar agar terlapisi dengan sayuran, minyak, dan mentega. Tambahkan anggur putih dan didihkan dengan api kecil, aduk terus sampai sebagian besar anggur terserap. Tambahkan kaldu ayam, 2 sendok makan sekaligus, aduk hampir terus-menerus dan tunggu kaldu meresap sebelum menambahkan lagi. Proses ini membutuhkan waktu 25 hingga 30 menit.
  2. Sementara itu, potong asparagus secara diagonal dengan panjang 1 1/2 inci dan buang ujung yang keras. Rebus dalam air asin mendidih selama 4 hingga 5 menit, sampai al dente. Tiriskan dan dinginkan segera di air es. (Jika menggunakan kacang polong segar, rebus dalam air mendidih selama beberapa menit sampai pati hilang.)
  3. Ketika risotto telah dimasak selama 15 menit, tiriskan asparagus dan tambahkan ke risotto dengan kacang polong, kulit lemon, 2 sendok teh garam, dan 1 sendok teh merica. Lanjutkan memasak dan tambahkan kaldu, aduk hampir terus-menerus, sampai nasi empuk tapi masih kencang.
  4. Kocok jus lemon dan mascarpone dalam mangkuk kecil. Saat risotto sudah matang, matikan api dan masukkan campuran mascarpone ditambah keju Parmesan dan chives. Sisihkan, matikan api, selama beberapa menit, taburi garam dan merica, dan sajikan panas dengan taburan kucai dan keju parmesan lagi.

4/5 Easy Chicken Cordon Bleu – Giada De Laurentiis

Giada.jpgFoto dok: 12tomatoes.com 

Bahan-bahan:

3 sdm whole-grain mustard
2 sdm keju mascarpone
4 dada ayam tanpa kulit dan tanpa tulang seberat 5 ons
Kosher salt
4 Emmentaler atau keju Swiss yang diiris tipis dan besar (sekitar 4 ons)
8 irisan Black Forest ham (sekitar 4 ons)

Cara membuat:

  1. Dalam mangkuk kecil, campurkan mustard dan mascarpone. Sisihkan.
  2. Panaskan broiler dengan suhu tinggi.
  3. Panaskan wajan besar tahan oven dengan api sedang-tinggi. Tambahkan minyak dan terus panaskan selama 1 menit lagi. Taburi dada ayam secara merata dengan 1 sendok teh garam. Masukkan ayam ke dalam wajan dan masak di sisi pertama sampai berwarna cokelat keemasan, sekitar 4 menit. Balik ayam dan masak terus sampai matang, sekitar 2 menit lagi. Angkat dari api.
  4. Taruh 1/2 irisan keju di setiap dada ayam. Letakkan 2 irisan ham di atas keju di setiap dada. Bagi saus mustard secara merata di atas ham dan taburi dengan sisa irisan keju. Panggang sampai keju meleleh, berwarna cokelat keemasan dan berbuih, sekitar 2 menit.

5/5 Two Mushroom Bourguignon- Rachael Ray

Rach.jpgFoto dok: rachaelrayshow.com

Bahan-bahan:

1 cangkir jamur porcini kering
3 cangkir kaldu ayam atau kaldu sayuran
1 lembar daun salam segar
2 sendok makan minyak zaitun
4 sendok makan mentega
1kg cremini segar atau jamur putih, iris setebal 1/4 inci
4 siung bawang merah atau 1 bawang bombay, cincang halus
1 wortel ukuran sedang, kupas dan parut atau cincang halus
4 siung bawang putih, cincang
2 sendok makan daun thyme, cincang
7 - 8 lembar daun sage, iris tipis
Garam dan merica
2 sendok makan pasta tomat
2 sendok makan tepung terigu
2 cangkir anggur merah
1 cangkir bawang bombay kecil (pearl onion)
1/2 sdt gula pasir
Segenggam kecil daun peterseli, cincang halus
Extra wide-egg noodles secukupnya sesuai selera dan porsi
Daun bawang cincang untuk hiasan

Cara membuat:

  1. Dalam panci, tutupi jamur kering dengan kaldu dan tambahkan daun salam. Didihkan dan kecilkan api hingga mendidih. Biarkan mendidih untuk mengurangi cairan hingga sepertiga dan melunakkan jamur, sekitar 20 menit. Buang jamur dengan sendok dan potong-potong.
  2. Panaskan minyak zaitun, 2 putaran wajan, dalam Dutch oven dengan api sedang-tinggi. Tambahkan 2 sendok makan mentega dan lelehkan menjadi minyak panas. Tambahkan jamur iris segar ke dalam panci dan kecokelatan, 15-20 menit. Tambahkan bawang merah, wortel, bawang putih, bumbu, garam dan merica, dan aduk beberapa menit untuk melunakkan sayuran. Aduk pasta tomat ke dalam sayuran dan masak 1 menit lalu taburi tepung dan aduk rata. Kocok anggur dan masak untuk menguranginya hingga setengahnya. Tambahkan kaldu rasa porcini dan aduk. Rebus hingga siap disajikan.
  3. Didihkan sepanci besar air untuk mi.
  4. Panaskan wajan kecil antilengket dengan 1 sendok makan mentega di atas api sedang. Tambahkan bawang bombay dan tumis hingga berwarna keemasan. Tambahkan garam, sedikit gula dan peterseli.
  5. Garami air mendidih dan masak mie telur hingga empuk. Tiriskan dan aduk dengan sisa sendok makan mentega dan daun bawang.
  6. Sajikan mie telur dalam mangkuk dangkal dengan topping Bourguignon jamur dan pearl onion.