Ketika berbicara mengenai makanan mewah, buah-buahan biasanya tidak termasuk di dalamnya. Namun, tahukah kamu bahwa ada berbagai buah-buahan termahal di dunia yang jarang diketahui sebelumnya. Jika kamu sedang berencana untuk melakukan travelling, pastikan kamu tidak melewatkan kesempatan untuk mencobanya. 

1/6 Yubari King Melon

Yubari.jpgFoto dok: Livejapan.com

Disebut sebagai buah termahal nomor satu di dunia, Yubari King Melon jenis premium biasanya berkisar dari 500 ribu yen hingga 2,5 juta yen (Rp 62,5 juta - Rp 313 juta). Selain rasanya yang sangat manis, melon ini juga memiliki tekstur yang sangat empuk dan sangat cocok untuk dinikmati saat musim panas. Selain rasa dan teksturnya, melon ini juga dikenal sangat langka. Dikembangkan di daerah Hokkaido, tepatnya di kawasan Yubari, buah ini ditanam dengan cara disilangkan antara dua jenis melon yang ditanam di rumah kaca. Tidak hanya itu saja, pengembangannya juga di monitor secara hati-hati dan mendetail mulai dari pengairan hingga pemupukan. Bahkan para petani di Jepang mengatakan bahwa mereka merawat dan menyayangi melon-melon ini layaknya anak sendiri. Selain dinikmati oleh para high-end society di Jepang, buah ini juga kerap dijadikan hadiah pada saat festival Chugen.

2/6 Ruby Roman Grapes

Ruby Roman.jpgFoto dok: ishikawa-shokuzukan.jp

Berasal dari Jepang, anggur premium dengan kualitas terbaik ini merupakan hasil produksi dari sebuah perkebunan di Ishikawa dan dikembangkan dengan proses yang cukup rumit. Bagaimana tidak? Setiap anggur harus memiliki kandungan 18 persen gula dan berat lebih dari 20 gram atau 30 gram untuk kelas premium. Dengan pembuatan dan sertifikasi yang sulit didapat, maka harganya menjadi mahal yaitu di kisaran 100.000 - 500.000 yen (Rp12,5 - 62 juta). Namun, pada pelelangan tahun 2020, harga anggur ini mencapai 12.000 dolar AS atau setara dengan Rp 170 juta. 

3/6 Taiyo no Tamago Mango

TAYO no tamago.jpgFoto dok: fun-japan.jp

Buah termahal selanjutnya adalah Miyazaki Mango atau Taiyo no Tamago Mango yang berasal dari Jepang. Memiliki harga sampai dengan 2.500 - 4000 dolar AS atau Rp 35,5 juta - Rp 56 juta per kilogram-nya, buah ini dijuluki sebagai “eggs of the sun” karena warnanya yang merah merona. Buah dengan rasa manis ini dikenal sangat bagus untuk kesehatan karena tinggi antioksidan dan harus melewati pengecekan ketat sebelum masuk ke pasaran. Tidak hanya itu, buah ini juga memiliki tekstur yang sangat halus dan akan meleleh di mulut ketika dinikmati. 

4/6 Densuke Watermelon

densuke.jpgFoto dok: tokyotimes.com

Masih dari Jepang, semangka Densuke termasuk jenis yang langka dan hanya bisa tumbuh di Hokkaido dengan produksi 100 buah per tahun. Umumnya, buah ini memiliki harga 1000 - 4.500 dolar AS (Rp 14,2 - 63 juta). Pada 2008, semangka ini berhasil terjual dengan harga 6.100 dolar AS atau setara dengan Rp 86,5 juta dan angkanya terbilang naik setiap tahunya. Memiliki warna kulit yang gelap, semangka ini terbilang lebih manis daripada jenis semangka lainnya.  

5/6 Buddha Shaped Pears

budha.jpgFoto dok: earthymission.com

Beralih ke negeri China, buah pir ini terbilang sangat unik karena bentuknya yang benar-benar menyerupai patung Buddha. Diperkenalkan pertama kali oleh petani Gao Xianzhang ke pasaran, buah pir yang dijuluki sebagai “the god of fortune pear” ini mencapai harga 350 - 800 dolar AS atau setara dengan Rp 4,2-11,3 juta.

6/6 Cornwall Pineapple

cornwall.jpgFoto dok: cornwalllive.com

Berasal dari daerah Cornwall, United Kingdom, buah ini terbilang langka di pasaran, membuat harganya mahal yaitu mencapai 1.300 - 1.600 dolar AS atau Rp 18,4 juta - 22 juta. Konon, buah nanas ini ditanam dan tumbuh dalam rumah kaca Lost Gardens di Heligan dan sangat dijaga temperatur kehangatannya yaitu minimum 11 celcius sampai dengan maksimum 24 celcius.