Ditengah pandemi COVID-19, bersantap di luar rumah pasti menjadi salah satu momen yang paling dirindukan. Tak sedikit restoran yang berinovasi untuk menyajikan berbagai hidangan mulai dari layanan pesan antar, servis masak di rumah yang disajikan oleh chef profesional, penyemprotan disinfektan pada ruang makan dan peralatan makan bagi restoran yang masih beroperasi hingga pengaturan meja berjarak dan penggunaan perlengkapan makan sekali pakai. Bermacam inovasi dan ide kreatif juga dapat kita saksikan di berbagai restoran di dunia seperti Mediamatic ETEN di Amsterdam yang menawarkan bilik makan pribadi untuk pengunjung juga Bord för en di Swedia yang menyediakan servis restoran untuk satu orang. Lalu seperti apa ide kreatif ini diwujudkan? Berikut ulasannya.
 
Mediamatic ETEN, Amsterdam

mediamatic_eten_serre_se_pare_e_7.jpg()(B4140C5200F1567FD2985CBC0ED6EFC2).jpgFoto dok: Mediamatic ETEN

Restoran yang terletak di pinggir sungai Oosterdok, Amsterdam ini menawarkan pengalaman bersantap yang unik dan berbeda. Dengan mendirikan bilik transparan, restoran Mediamatic ETEN menawarkan Serres Séparées, lima bilik transparan berkapasitas dua orang dimana pengunjung mendapatkan ruang pribadi untuk bersantap. Bilik ini diciptakan dengan tujuan memberikan ruang makan yang aman bagi pengunjung sehingga mereka dapat bersosialisasi secara nyaman dalam jarak terjaga.

bilik.jpgFoto dok: Mediamatic ETEN

Pembuatannya pun tidak main-main. Serres Séparées telah dua kali melalui tahap uji coba kelayakan. Uji coba pertama dilakukan pada 27 April 2020 dan yang kedua berlangsung pada 5 Mei lalu. Keamanan dan kebersihannya pun di jaga ketat. Hal ini dapat dilihat dari seluruh staf yang bekerja dengan menggunakan pakaian pelindung dan visor untuk mencegah droplet masuk ke dalam makanan. Hidangan pun turut disajikan di atas papan kayu yang sudah dibersihkan secara steril pada setiap penyajiannya untuk mengurangi kontak fisik antar pengunjung dan staf. Untuk menunya, restoran ini menawarkan empat course menu vegetarian.

Staf.jpgFoto dok: Mediamatic ETEN

Untuk reservasi, tamu harus mengunjungi website resmi mereka dan memilih tanggal serta waktu yang disediakan yaitu dari pukul 6 hingga 8 malam atau pukul 8:30 hingga 11 malam. Karena bilik hanya tersedia untuk dua orang saja, tamu yang ingin membawa satu orang tambahan maka akan dikenakan charge sebesar 40 Euro. Tentunya hal ini akan disesuaikan dengan peraturan pemerintah lokal yang berlaku.
 
Bord för en, Swedia

Bon for en.jpgFoto dok: Bord för en

Hal serupa pun juga dilakukan oleh sebuah restoran yang berlokasi di bagian barat Swedia, Bord för en. Menyediakan satu meja untuk satu orang di tengah rerumputan hijau merupakan hal inovatif yang terbilang unik. Pemilik restoran Persson dan Karlsson mengambil ide kreatif ini berdasarkan pengalaman mereka mengirimkan makanan kepada orangtuanya. Meja dan kursi yang tertata rapih ini hanya dapat dinikmati oleh satu orang dan berjarak 50 meter dari rumah mereka. Saat makan di Bord för en, tamu tidak akan dilayani oleh pramusaji dan makanan akan dikirim melalui keranjang yang dikirimkan melalui tali dari jendela dapur.
 
Kualitas makananpun tidak perlu diragukan. Persson merupakan chef terlatih yang bertugas menyediakan makanan di restoran terbuka ini. Namun, di tengah pandemi ini ia mengakui bahwa ada berbagai bahan makanan yang sulit didapatkan. Oleh karena itu restorannya menggunakan bahan musiman yang tumbuh secara lokal di daerahnya. Dengan demikian, menu yang ditawarkan pun berbeda setiap harinya. Menu makanan akan disajikan dalam 3 course untuk sarapan, makan siang dan makan malam. Beberapa hidangan khas Swedia seperti Råraka (Swedish-style hash brown, smetana, seaweed caviar, wood-plucked sorrel) dan makanan penutup Last Days of Summer yang terbuat dari blueberry ginned, es buttermilk dan gula viola dari bit yang ia tanam sendiri. Minuman pendamping juga akan disediakan dan dikuratori oleh Joel Söderbäck, pendiri Linje Tio (sekarang bernama Tjoget), salah satu restoran yang masuk dalam daftar 50 Bar Terbaik Dunia 2019.

bon fer en food.pngFoto dok: Bord för en

Selain itu, kebersihan dari makanan dan restorannya pun sangat dijaga. Setelah tamu pergi, Karlsson mengatakan bahwa ia dan Persson tidak akan menyentuh meja atau kursi selama enam jam hingga saat mereka akan membersihkannya dengan sanitizer. Piring dan peralatan makannya pun akan di letakkan ke dalam wadah dan akan dicuci dua kali. Untuk harga menu, Karlsson mengatakan bahwa pembayarannya bersifat sukarela.
 
Dengan tampilan yang sederhana, one-person restaurant ini menyediakan fasilitas berbintang lima. Terletak di dekat halte bus bernama Hembygsgården, tempat ini dapat dicapai hanya dengan berjalan kaki saja. Tamu hanya perlu mengikuti tali penunjuk untuk menemukan meja. Restoran ini resmi dibuka pada 10 Mei lalu dan akan tetap beroperasi hingga 1 Agustus. Pemesanan akan dilakukan melalui formulir yang dapat kita lihat di sini.