Sebelum makan nasi atau makanan berat lainnya, makanan ringan biasanya dipilih sebagai menu berbuka puasa yang dapat dinikmati dengan segelas minuman es ataupun kopi dan teh. Selain mudah dan praktis untuk dibuat, makanan berbuka puasa sebaiknya tidak mengandung minyak berlebih karena lemak jenuh yang ada di dalamnya sulit untuk di olah tubuh. Oleh karena itu, makanan yang kaya akan protein dan serat bisa menjadi pilihan yang tepat. Berikut 5 rekomendasi makanan ringan untuk berbuka puasa yang sehat dan mudah untuk dibuat di rumah.

1/5 Toasted Raviolli

Raviolii.jpgFoto dok: midwestliving.com 

Toasted Raviolli adalah makanan ringan yang sangat popular di St. Louis, Missouri, AS. Pasta berbentuk persegi yang diisi dengan berbagai macam daging dan keju ini menjadi salah satu menu makanan ringan paling favorit untuk dinikmati, baik pada acara formal maupun informal termasuk saat berbuka puasa. Saat ini Ravioli sudah banyak tersedia di supermarket. Namun, jika kamu ingin membuatnya sendiri di rumah, bahan-bahan yang harus disediakan sangatlah sederhana. Saat membuat resep ini, pastikan jika kamu mengganti proses menggoreng dengan menggunakan oven atau airfryer sehingga kamu tidak menggunakan minyak secara berlebihan. Untuk melihat resepnya, kamu bisa langsung klik di sini.

2/5 Fresh Spring Roll

Spring Roll.jpgFoto dok: thespruceeats.com 

Mudah dibuat, sehat dan rendah kalori, Spring Roll, atau lumpia yang berasal dari Vietnam ini sangat cocok dijadikan makanan ringan saat berbuka puasa. Dengan isian sayuran segar dan pilihan daging sesuai selera, Spring Roll, biasanya dinikmati dengan saus kacang atau saus asam manis. Untuk melihat cara membuatnya, kamu bisa langsung klik di sini.

3/5 Potato Pancakes

potato.jpgFoto dok: justataste.com 

Who doesn’t love potato? Bagi kamu pecinta olahan kentang, Potato Pancakes, adalah menu berbuka puasa yang tepat untuk dinikmati dengan segelas kopi ataupun teh hangat. Perpaduan kentang, keju dan bawang putih serta tekstur kentang yang crispy, membuat siapa saja yang menikmatinya ingin menambah lagi. Selain dapat dinikmati dengan saus tomat atau sambal, kamu juga bisa menikmati makanan ringan ini dengan kimchi, sour cream dan jalapeno cheese cream. Tidak hanya itu saja, makanan ini juga bisa dinikmati saat sahur. Cukup tambahkan ikan salmon atau tuna ke dalam adonannya dan Potato Pancakes siap untuk disajikan. Lihat cara buatnya di sini.

4/5 Roasted spring vegetables

vegies.jpgFoto dok: cookinglight.com

Who says vegetables can’t be delicious? Resep Roasted Spring Vegetables ini akan mengubah persepsimu terhadap sayuran. Cara membuatnya pun sangatlah mudah. Kamu hanya membutuhkan berbagai macam sayuran seperti wortel, zucchini, kentang, asparagus, brokoli ataupun brussels sprouts dan bumbu kering seperti thyme, pink salt, lada dan bawang putih bubuk. Untuk menemani roasted vegetables-mu, kamu bisa tambahkan saus sambal atau sour cream. Selain itu kamu juga dapat menikmatinya dengan sepotong roti panggang, telur mata sapi ataupun grilled sausage. Untuk melihat resepnya, kamu bisa klik di sini.

5/5 Lemon & Pepper Wings

wings.jpgFoto dok: foodisafourletterword.com

“Ain’t no thing but a chicken wing.” Makanan yang sudah pasti digemari ini bisa menjadi pilihan tepat untuk berbuka puasa. Ayam yang crispy dipadukan dengan saus lemon & pepper, sangat cocok jika dinikmati dengan segelas es buah ataupun minuman segar lainnya. Untuk mengurangi kadar minyak saat memasak, kamu bia menggunakan oven atau airfryer. Namun, jangan khawatir. Chicken Wings-mu masih akan tetap crispy dan juicy. Untuk melihat resepnya, kamu bisa langsung klik di sini.