Menyambut Hari Kemerdekaan tahun ini, tidak ada salahnya jika kamu merayakannya dengan makanan khas Nusantara yang kaya akan rempah dan rasa. Jika kamu sedang berencana untuk menghabiskan long weekend minggu ini, berikut lima rekomendasi restoran di Jakarta, di mana kamu bisa menikmati makanan khas Indonesia

1/5 Plataran Menteng

Web_Banner_HUR_RI_763x378px-01.jpgFoto dok: Plataran Menteng

Terletak di pusat kota, Plataran Menteng merupakan salah satu restoran fine-dining yang menyajikan hidangan khas Indonesia yang wajib dikunjungi. Dengan desain interior bergaya kolonial dan suasana yang asri, Plataran Menteng didirikan diatas bangunan bersejarah yang megah.

Dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan, jangan lewatkan menu khas Indonesia yang terinspirasi dari keanekaragaman budaya Tanah Air yang tergabung dalam Tumpeng Kemerdekaan.  Terdiri dari nasi kuning, nasi hjau, telur dadar iris, orek tempe, bihun goreng, kentang balado dengan keripik kentang, ayam goreng kremes, perkedel dan sambel kacang, tumpeng ini dapat dinikmati bersama dengan keluarga dan teman dekat. Selain itu, lengkapi hidangan utamamu dengan Es Merah Putih yang terbuat dari sirsak, jeruk lime, sirup pandan dan kelapa muda. Menu ini juga tersedia di Plataran Dharmawangsa dan Hutan Kota by Plataran.

2/5 Tugu Kuntskring

Kuntskring.jpgFoto dok: Tugu Kuntskring

Terletak di Menteng, Jakarta Pusat, Tugu Kuntskring merupakan sebuah restoran bergaya kolonial yang menempati salah satu daftar restoran mewah yang wajib dikunjungi. Berawal dari sebuah gedung yang didirikan oleh Pemerintah Kolonial Belanda pada 17 April 1914 dengan nama Nederlandsch-Indische Kunstkring of The Dutch East Indies, tempat ini merupakan Galeri Lingkar Seni Hindia Belanda sebagai pusat promosi seni pada jamannya. Dengan interior bergaya baroque dengan nuansa kerajaan yang mewah dan klasik, pengaruh unsur budaya Eropa dan Jawa, bersantap di restoran ini merupakan pengalaman yang tak akan terlupakan.

Dalam menyambut Hari Kemerdekaan tahun ini, para pecinta kuliner khas Nusantara juga dapat menikmati berbagai hidangan yang tak kalah lezatnya. Beberapa menu yang wajib kamu coba adalah Duivelse Kip (Ayam Setan) yang terbuat dari potongan ayam roasted dengan saus pedas yang dibuat dari cabai segar dan kering, mustard kari hijau dan tomat. Jika kamu pecinta satai, kamu juga wajib mencoba Sate Lembut Betawi yang dipanggang dengan serabut kelapa. Selain itu, Tugu Rijsttafel Betawi yang kaya akan rempah lokal juga dapat kamu nikmati bersama keluarga. Untuk mengakhiri santapanmu, jangan lewatkan Cendol Pannacotta yang terdiri dari kombinasi susu kelapa, gula melaka, pandan jelly, kacang merah dan pudding lembut khas Italia.

3/5 Harum Manis Restaurant

HM.png
Foto dok: Harum Manis

Di bawah kepemimpinan Koki Eksekutif Beni Iskabul, Harum manis menawarkan berbagai macam masakan khas Indonesia. Terinspirasi oleh romantisme rumah ningrat, restoran ini merupakan representasi budaya dan warisan Nusantara, baik dalam hidangan, interior maupun layanan yang diberikan. Dalam menyambut Hari Kemerdekaan, jangan lewatkan Independence Day Meals di mana kamu akan mendapatkan 17% off for food only yang akan berlaku pada tanggal 17 Agustus 2020. Selain itu, kamu juga dapat menikmati Independence Day Deals Package yang terdiri dari a la carte menu seperti Nasi Tumpeng Punokawan, Nasi Tumpeng Nakula Sadewa dan Tape Goreng Ubi Ungu Es Kopyor Kelapa dan menu paket Nasi Tumpeng, Dessert & Mocktail.

4/5 Terra

Screenshot at Aug 16 09-52-48.pngFoto dok: Terra

Berlokasi di Jl. Suryo, Senopati, Jakarta Selatan, Terra merupakan restoran yang mengusung konsep healthy food. Dengan interior minimalis, pengunjung akan disuguhkan suasana yang hangat dan nyaman serta hidangan yang menggugah selera. Salah satu menu wajib yang tidak boleh kamu lewatkan adalah, Build Your Own Bowl, di mana kamu dapat memilih berbagai macam sayuran segar, topping dan dressing yang pastinya sehat dan baik bagi kesehatan. Beberapa sayuran yang dapat kamu pilih adalah romaine, roasted mushroom, chilli edamame, pickled onion dan mentimun. Selain itu, kamu juga menikmati berbagai pilihan Cold Signature Bowl seperti Keep it Green dan Special Korean BBQ Pulled Chicken. Untuk Hot Signature Bowl, kamu juga dapat memesan Special Chicken Souvlaki, Mexican Bowl dan Salmon & Quinoa Bowl

Bagi kamu pecinta steak atau hidangan daging lainnya, kamu juga dapat mengunjungi Cut Grill House yang lokasinya bersebelahan dengan Terra. Menu yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Nachos Sambal Cakalang, Black Angus Burger serta Hanging Kebab. Untuk pilihan dagingnya, kamu dapat mencoba USDA, Australian, Wagyu, maupun berbagai potongan lainnya. Untuk melengkapi santapanmu, jangan lewatkan Coffee Milk Cake dan signature drinks seperti Es Campur, Es Cincau Hitam, Milkshakes dan Mojito Mocktails.

5/5 Fairmont 

BLANCO (2).jpgFoto dok: Fairmont

Dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan, Fairmont menghadirkan perjalanan kuliner yang menampilkan keragaman dan kekayaan citarasa Indonesia melalui ‘Tribute to Indonesia.’ Pada kesempatan kali ini, Fairmont bekerjasama dengan award-winning chefs, Mandif Warokka and Chandra Yudasswara serta award-winning mixologist, Kiki Moka dalam rangkaian acara kuliner khas Indonesia dari 25 Agustus hingga 5 September 2020.

Jangan lewatkan elevated Indonesian cuisine di 1945 Restaurant, di mana chef Chandra Yudasswara akan memanjakan lidahmu dengan hidangan dari berbagai daerah yang disajikan dalam 5-course set menu dari tanggal 27 hingga 29 Agustus 2020. Selain itu, kamu juga dapat menikmati Indonesian-inspired cocktails yang akan diracik oleh Kiki Moka seperti Bawang Goreng G&T, Kopyor Colada, Bika Ambon Old Fashioned, dan Toraja Coffee Cocktail di K22 Bar.