Memasuki bulan Ramadhan, banyak dari kita yang mencari makanan berkualitas dengan suasana yang nyaman untuk berbuka puasa. Baik bersama keluarga maupun pasangan tercinta, Tatler Indonesia telah mengumpulkan beberapa persembahan buka puasa terbaik dari hotel dan restoran terkemuka di Jakarta untuk dinikmati selama Bulan Suci ini. Berikut ulasannya.

1/8 Pullman Jakarta Indonesia

Treasure of Ramadan_compressed.jpgFoto: Dok. Pullman Jakarta Indonesia

Dalam rangka memuliakan bulan suci Ramadhan kali ini, Pullman Jakarta Indonesia kembali menyiapkan berbagai paket kuliner fantastis yang bisa dinikmati para pecinta masakan lokal dan interlokal. 

Award-winning Sana Sini Restaurant akan memanjakan lidah para tamu dengan sajian Timur dan Barat melalui program kuliner mereka, “Break the Fasting”. Temukan berbagai hidangan menggugah selera seperti Itik Berempah, Mezzeh, Hummus, Baba Ganoush, Couscous Salad, Tabouleh, Shawarma. Tersedia pula hidangan khas Turki seperti Baklava, Kue Umm Ali, dan Madu Nomoura. Takjil dan kudapan manis seperti Colenak dan Kicak pun juga tersedia. Untuk mengembalikan energi yang hilang selama berpuasa.  Selain Sana Sini Restaurant, Kahyangan juga akan memanjakan lidah para tamu dengan makanan hangat seperti set shabu-shabu dan sukiyaki, yang  dikombinasikan dengan dessert seperti Chawan Mushi, Salmon Croquette dan Pandan Gula Malaka

Pecinta makanan juga dapat memuaskan hasrat mengkonsumsi makanan manis dengan rangkaian hampers yang tersedia di Makaron Bake Shop. Dikemas secara ekslusif oleh team kuliner Pullman Jakarta Indonesia, hampers tersebut hadir dengan sajian kudapan manis seperti Nastar, Chocolate chips, Snickerdoodle, Crinkle cookie, Cheese stick, Sumpia udang, Teri kacang, Sambal kentang dan juga kurma.

Sana Sini Break the Fasting dapat dinikmati dengan harga IDR 440.000++ per orang untuk reservasi pada 2 -10 April dan IDR 480.000++ per orang untuk reservasi pada 11 - 24 April 2022. Sedangkan program Authenthic Ramadhan at Kahyangan bisa didapatkan dengan harga Rp780,000++

2/8 InterContinental Jakarta Pondok Indah

sugarandspice_jkt_275897590_1192694124819137_3428284749190814699_n.jpgFoto: Dok. sugarandspice_jkt

InterContinental Jakarta Pondok Indah mengawali bulan suci Ramadhan dengan pengalaman gastronomi yang tidak terlupakan. Selama bulan puasa, hotel yang berlokasi di area Jakarta Selatan tersebut tidak hanya akan menyediakan berbagai masakan lezat khas Ramadhan, namun juga dimeriahkan dengan kehadiran chef ternama seperti Chef Attila Körmöczi, Chef Degan Septoadji, dan Executive Sous Chef Bedjo Sudiyono. 

Membawakan tema “Cuisines of The Far East”, beragam menu lezat menggugah selera akan menemani para tamu berbuka puasa. Mulai dari fillet salmon premium yang disajikan dengan pelengkapnya, menu wagyu yang disajikan dengan sambal hijau, tomat, dan daun jeruk, hingga rangkaian dessert yang manis. Selain itu, di buffet ini para pengunjung juga bisa mencicipi masakan khas Asia lainnya seperti makanan Indonesia, Vietnam, Kamboja, Malaysia, Thailand, dan China.  

Hidangan mewah ini akan menjadi bagian dari pameran besar kreasi makanan luar biasa yang juga akan mencakup kekayaan kuliner lezat dari Indonesia Timur, Indonesia Barat, Vietnam, Kamboja, Singapura, Malaysia, China, dan Thailand. 

Selain Sugar & Spice, The Lounge juga turut menyediakan paket Takjil yang meliputi berbagai kudapan lezat seperti Beef Rendang, Ikan Bakar Parahyangan, hingga minuman kopi Padang ikonik bernama Kopi dan Teh Talua. Untuk melengkapi pengalaman gastronomik yang menyenangkan, hotel tersebut juga menawarkan variasi kue enak yang dapat dibeli di Ramadhan Cake Shop; mulai dari Nastar Cake yang renyah hingga Medjol Dates Dipped in Chocolate yang manis di lidah.

Menu buffet spesial Ramadhan tersebut akan tersedia di restoran Sugar & Spice dengan harga mulai dari Rp515,000++ per orang. 

3/8 The Ritz-Carlton, Pacific Place

Ramadan Dining Compilation_compressed.jpgFoto: Dok. The Ritz-Carlton, Pacific Place

Menyambut bulan suci Ramadhan 1443H, The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place mengundang para tamunya untuk merasakan pengalaman berbuka puasa yang spesial dan tak terlupakan. 

Bertempat di PA.SO.LA Restaurant, hotel tersebut menghadirkan beragam masakan lezat yang menggugah selera. Para tamu dapat menikmati rangkaian berbuka puasa menarik dengan berbagai sajian lokal seperti Kolak Sumsum, Beef Rendang, dan Buntut Balado, hingga masakan favorit khas Timur Tengah seperti Rhutab, Mango Lassi, dan Ayran. Untuk memeriahkan suasana Ramadhan kali ini, Chef de Cuisine Onur Kılıçaslan dari The Ritz-Carlton, Istanbul, akan turut hadir untuk menyajikan langsung masakan khas Turki tersebut selama periode bulan Ramadhan berlangsung. 

Seluruh rangkaian menu khusus Ramadhan ini dapat dinikmati dengan harga Rp 488,000++ untuk weekdays dan Rp 208,000++ untuk anak anak berusia 6 sampai 12 tahun ke atas. Khusus untuk weekend, para tamu dapat menikmati iftar buffet tersebut dengan harga Rp 548,000++ dengan berbagai penambahan sajian menarik lainnya.

4/8 The Westin Jakarta

The Westin Jakarta - Seasonal Tastes_compressed.jpgFoto: Dok. The Westin Jakarta

Bulan Ramadhan selalu identik dengan berbagai makanan hangat dan mengenyangkan. Pada bulan suci ini, The Westin Jakarta menampilkan suasana Ramadhan yang spektakuler dengan menghadirkan konsep dekorasi bulan suci yang kental melalui Al Fanous. 

Disiapkan secara langsung oleh Specialty Chef Mustafa Oman, para pengunjung dapat membawa keluarga besar dan pasangan tercinta untuk menikmati berbagai variasi masakan Turki yang dapat dirasakan langsung di jantung ibu kota. Dengan hadirnya berbagai food stalls yang bisa dicoba, kami merekomendasikan untuk mencoba berbagai masakan nasi yang lezat dan menu daging yang meleleh di lidah. Untuk melengkapi pengalaman kuliner yang luar biasa, cicipi berbagai dessert khas Ramadhan yang dibuat khusus untuk menemani obrolan bersama keluarga di meja makan. 

Pengunjung juga dapat mengunjungi salah satu best buffet terbaik di Jakarta, Seasonal Tastes, untuk menikmati sajian mewah dari berbagai masakan khas  Turki, Timur Tengah, India, serta Indonesia  yang disertai dengan variasi takjil dan minuman menyegarkan seperti coffee, tea, ataupun minuman bersoda. Isi kembali energi sehabis berpuasa dengan Nasi Rames, Biryani, serta berbagai pelengkap lainnya. 

Bagi para pengunjung yang ingin menikmati berbuka puasa ditengah pemandangan perkotaan Jakarta yang megah, Henshin juga turut memeriahkan suasana Ramadhan dengan mengadakan Iftar at Wayra. Di sini, para tamu dapat menikmati berbagai pilihan lezat seperti sushi khas Nikkei, aneka gorengan, ikan bakar, mie soto, serta takjil dan makanan penutup khas Indonesia.

Sajian Iftar ini akan tersedia mulai dari tanggal 2 April hingga 2 May 2022, dengan harga paket dimulai dari Rp475,000++ hingga Rp520,000++

5/8 Mandarin Oriental

46e44bfb-1819-4763-a722-f2bad830b1e1.jpgFoto: Dok. Mandarin Oriental

Salah satu cara untuk menikmati hidangan iftar adalah dengan mencoba berbagai sajian yang dihidangkan secara berbeda di setiap minggunya.  Untuk menyambut bulan suci dengan penuh semangat, Mandarin Oriental menggelar serangkaian kolaborasi menarik bersama dengan restoran Locavore dan para selebriti chef ternama.  Restoran Takeover by Locavore akan diadakan di Lyon dengan rangkaian pagelaran kuliner yang menarik: “The Unknown”: An Edible Mystery Explored, Butcher’s Table dan Guest Chef’s Event.

Untuk program yang pertama, “The Unknown”: An Edible Mystery Explored, Locavore akan menyajikan berbagai hidangan yang membangkitkan rasa penasaran para tamu dengan menggunakan bahan yang minim akan protein hewani disertai dengan menu vegetarian yang bisa disesuaikan dengan selera. 

Bagi para pecinta sajian daging, Butcher’s Table akan menyediakan ragam masakan daging lezat, dimana daging tersebut diambil langsung dari peternakan lokal. Nikmati hidangan daging seperti table-side steak tartare, babi panggang, beef wellington dan banyak pilihan lezat lainnya.

Program ketiga merupakan salah satu yang ditunggu. Menghadirkan empat selebrity chef ternama di Indonesia seperti Chef  Ade  Putri  Paramadita,  Chef  Debryna  Dewi  Lumanauw,  Chef  Yuda Bustara, dan Chef William Wongso, para tamu dapat menikmati sajian rantang spesial mereka di setiap Sabtu malam selama bulan Ramadhan berlangsung. 

Selain Lyon, Mandarin Oriental juga menghadirkan berbagai kejutan menarik lainnya. Nikmati  berbagai sajian menu buffet menarik Cinnamon seperti seafood segar, live station yang berisikan menu andalan, serta rangkaian kudapan manis yang bisa diperoleh dari Mandarin Oriental Cake Shop. 

Program khusus Iftar ini bisa dinikmati oleh keluarga dan orang tercinta mulai dari Rp458,000++ per orang.

6/8 Swissôtel Jakarta PIK Avenue

IMG_2545_compressed.jpgFoto: Dok. Swissôtel Jakarta PIK Avenue

Merayakan tradisi berbuka yang lekat dengan kehidupan masyarakat Indonesia, Swissôtel Jakarta PIK Avenue akan membawa para tamu ke dalam sebuah perjalanan kuliner yang menyenangkan di Jakarta Utara. Bertempat di The Chinese National dan Summers At The Pool, kedua restoran ini akan menyajikan berbagai menu berbuka puasa yang lezat yang dapat dinikmati oleh keluarga tersayang maupun pasangan tercinta. Berbagai menu menarik seperti sajian Turki, masakan khas Indonesia, serta menu internasional seperti grills, stews, biryani, dan jus segar lainnya tentunya akan menyegarkan dahaga para tamu selepas berpuasa. Tidak hanya itu, variasi takjil dan menu vegetarian juga akan melengkapi pengalaman kuliner yang indah. 

Bagi para pengunjung yang ingin menghirup aroma segar sembari menunggu datangnya waktu untuk berbuka, para tamu dapat menuju Summers At The Pool untuk menikmati program Sunset Breakfasting dibawah hangatnya sinar matahari senja.  Dengan harga Rp258,000++ per person, pengunjung dapat berbuka puasa sambil menikmati matahari tenggelam bersama orang tercinta. Untuk para tamu yang menginginkan sajian buffet yang lengkap, The Chinese National menjadi tempat berbuka puasa yang tepat. Dengan harga yang sama, para tamu dapat berkumpul dan menikmati kelezatan cita rasa makanan Indonesia, India, serta menu khas Timur Tengah. Tidak hanya itu, para pengunjung juga dapat memesan hampers berisikan lapis legit, kue, dan nastar kurma yang bisa didapat dengan harga Rp388,000++ per pak. 

7/8 The Hermitage, a Tribute Portfolio Hotel

Buffet Menu_compressed.jpgFoto: Dok. The Hermitage, a Tribute Portfolio Hotel

Berbuka puasa tidaklah lengkap tanpa kehadiran berbagai sajian kuliner khas Indonesia. Untuk merayakan kasih sayang dan rasa syukur selama bulan Ramadhan berlangsung,  The Hermitage, a Tribute Portfolio Hotel menawarkan berbagai program kuliner lezat yang tidak boleh dilewatkan. 

Bertempat di restoran 1982, Executive Chef Ferdian Tobing akan mempersiapkan sajian buffet yang berisikan menu Peranakan seperti Takjil Tower, Fish Head Curry, Bakwan Kepiting Soup, Prawn Sambal Belimbing, Sotong Masak Hitam, dan masih banyak lagi. Menu Ramadhan Iftar Dining ini bisa dinikmati dari tanggal 2 April hingga 2 Mei 2022, dengan range harga dimulai dari Rp428,000 per orang.

Selain itu, hotel yang memamerkan interior klasik tersebut berkolaborasi dengan salah satu Gen.T honouree, Ayla Dimitri, untuk meluncurkan sebuah hampers cantik dengan nuansa hijau dan kuning. Tersedia dalam dua pilihan, Regular dan Premium Hampers, paket makanan ini menawarkan berbagai homemade cookies seperti Peanut Butter, Double Chocolate, hingga Nastar dan Kaasstengels. 

8/8 Fairmont Jakarta 

Copy of RAMADAN BUFFET AT 1945 Restaurant_compressed.jpgFoto: Dok. Fairmont Jakarta

Di bulan Ramadhan ini, Fairmont Jakarta menyambut para tamu dan pengunjung untuk merasakan kehangatan berbuka puasa bersama di 1945 restaurant. 1945 merupakan satu-satunya restaurant hotel bintang lima di Jakarta, yang telah resmi mendapatkan sertifikasi Halal dari Lembaga Pemeriksa Halal, Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika, Majelis Ulama Indonesia (LPPOMMUI) sejak pertengan tahun 2021.

Di dalam restaurant tersebut, pengunjung dapat menikmati berbagai hidangan khas daerah Indonesia, mulai dari Aceh hingga Makassar.  Beberapa hidangan yang wajib dicoba antara lain Rendang Sandung lamur dari Padang, Konro Bakar dari Makassar, Iga Bakar Madu dari jawa barat, Briyani Kambing dari Aceh, dan lain sebagainya. Untuk merayakan berbuka puasa dengan lebih intim, para tamu bisa berbagi momen bahagia bersama keluarga dan teman tersayang dengan memesan ruang makan private yang dapat menampung hingga 30 orang. 

Para pengunjung bisa dengan leluasa mengeksplor dan mencicipi berbagai hidangan khas Nusantara tersebut dengan harga mulai dari Rp520.000++ per orang, sudah termasuk tajil dan minuman teh, dan kopi.