Siapa sih yang tidak menyukai seafood? Salah satu makanan khas hasil laut yang paling digemari di Indonesia adalah kepiting. Nah, ada kabar gembira bagi kamu yang berdomisili di Medan, karena kali ini tema dining yang akan kami bahas adalah lima restoran di Medan yang menyajikan santapan kepiting lezat. Mulai dari kepiting saos padang, kepiting lada hitam, hingga kepiting saus tiram. Penasaran? Mari kita simak selanjutnya di sini. 

Budaya Resto

Salah satu tempat makan yang terbilang mewah di daerah Tanjung Morawa, Medan ini adalah Budaya Resto. Masakan yang disajikan juga merupakan masakan khas Nusantara, seperti sate ayam, terong ebi crispy dan ikan saos nyonya. Jika berkunjung ke restoran ini, pastikan kamu memesan menu andalan mereka yaitu kepiting lada hitam. Rasanya yang gurih dan pedas serta daging kepitingnya yang empuk sudah pasti akan menggugah seleramu. Ditambah lagi, lokasi dan lahan restonya sangatlah luas karena juga digunakan sebagai taman rekreasi. Nuansa resto ini mengusung tema outdoor dengan arsitektur yang dominan berbahan kayu. Areanya terbagi menjadi tiga, yaitu gazebo, main hall, dan VIP room.

Sondoro Fish Market & Seafood Restaurant

Restoran yang khusus menyajikan masakan seafood ini memang sudah sangat terkenal di Medan. Jika kamu ingin memesan menu ikan (dimasak sesuai dengan apa yang diinginkan), kamu bisa memilih sendiri terlebih dahulu jenis ikan yang kamu mau. Di Sondoro, kamu dapat melihat beberapa aquarium besar yang didalamnya terdapat ikan maupun hasil laut lainnya dimana kamu bisa memilih sesuka hatimu. Highlight dari restoran ini adalah kepitingnya yang bisa dimasak menjadi berbagai hidangan lezat. Kamu bisa memesan kepiting lada hitam, kepiting saos padang, kepiting lunak lada hitam (kulitnya bisa disantap), dan masih banyak lainnya. Jangan lupa untuk mengajak keluargamu saat berkunjung ke restoran ini. 

Lembur Kuring

Tentunya bagi sebagian besar masyarakat Medan, sudah sangat tidak asing lagi dengan restoran yang satu ini. Ya, restoran Lembur Kuring ini menyajikan berbagai masakan khas Indonesia yang dapat memanjakan lidahmu. Semua makanan savory bisa kamu santap di sini. Mulai dari udang goreng mentega, cumi goreng tepung, ayam panggang, hingga olahan menu kepiting. Jangan lewatkan kepiting jantan masak saos pedas ala Lembur Kuringnya. Diolah dengan campuran saos padang khas nusantara dan chili crab Singapore, hidangan ini sangat disayangkan jika dilewatkan. Dagingnya padat dan empuk, rasanya asin, manis, dan pedas sekaligus. Kamu juga bisa memesan kepiting jumbonya untuk memuaskan perutmu. Sangat worth it!

Hawwi Seafood

Memang benar kata orang, “Don’t judge a book by it's cover.” Mungkin restoran ini terlihat sederhana, tetapi menu yang dihidangkan sangatlah luar biasa. Rumah makan seafood di Medan ini terkenal legendaris karena sudah beroperasi sejak zaman Orde Baru. Terkenal dengan cita rasa yang autentik, bahan-bahan yang digunakan selalu berkualitas tinggi dan segar setiap harinya. Pesan saja menu kepitingnya, dijamin kamu akan langsung ketagihan. Selain itu, kamu juga bisa memesan berbagai menu lain seperti olahan udang, ikan, cumi, dan kerang rebus (dicocol dengan saus nanas) yang dimasak dengan saus khas restoran yang lezat. 

Nelayan Restaurant

Siapa bilang kamu hanya bisa mendapatkan sajian menu dim sum di restoran Nelayan? Tidak kok. Kamu juga bisa memesan berbagai variasi menu lainnya, seperti kepiting rebus dan kepiting saos padang. Yang membuatnya berbeda dari yang lain adalah menu kepiting dim sum-nya. Rasanya sangat memuaskan lidah, apalagi ditambah dengan saosnya yang sangat pedas. Jika kamu tidak suka makanan pedas, cukup menambahkan sausnya sedikit saja. Sebelum berkunjung, pastikan untuk reservasi tempat karena restoran ini terbilang cukup ramai di jam makan siang maupun makan malam.

Baca juga: 5 Restoran Rooftop Terbaik Di Jakarta Dengan Pemandangan Malam Yang Indah

Tags: kepiting, restoran kepiting, Medan, kepiting enak, tempat makan kepiting, kepiting Medan