Tanpa judul1.jpgFoto:Dok.unsplash.com

Berbicara mengenai pertumbuhan dunia kuliner, Bali seolah tidak pernah kehabisan ide untuk memanjakan lidah para masyarakat domestik dan wisatawan Bali dengan segudang tempat makan dan restoran yang baru. Mulai dari restoran vegetarian dengan cita rasa lokal hingga ke tempat makan yang membawa nuansa khas negaranya, semua restoran tersebut menjadi bagian dari kekayaan industri kuliner di pulau Dewata tersebut. Bagi para pecinta makanan yang ingin merasakan sensasi kuliner terbaru di Bali, berikut adalah beberapa restoran Bali yang wajib untuk dicoba.  

 1/6 UNI

Para pecinta masakan tentunya akan sangat mudah menemukan berbagai masakan Jepang di Bali. Namun, UNI Bali menawarkan sebuah sensasi kuliner Jepang yang cukup berbeda dari banyaknya restoran dan bar Jepang yang tersebar di pulau tersebut. Berlokasi di kawasan Canggu, UNI tampil berbeda dengan menawarkan berbagai masakan lezat Jepang dengan menggunakan bahan-bahan lokal. Restoran Jepang yang berfokus ke dalam masakan seafood tersebut memiliki berbagai menu menarik untuk dicoba; mulai dari Prawn Rolls yang berisi terdiri dari udang cincang yang disajikan dengan 1001 island dressing hingga menu 5-course andalannya. Tidak hanya itu, UNI juga memberikan berbagai koleksi cocktail dan sake yang tentunya akan menjadi penyegar lidah saat tengah bersantap. Selain itu, UNI juga memamerkan berbagai karya seni street artists Bali yang menghiasi dinding tempat makan tersebut—membawakan para pecinta masakan Jepang ke dalam sebuah suasana restoran Jepang khas yang modern.

 

2/6 Hujan Locale

Hujan Locale mungkin menjadi sedikit dari restoran unik yang tersebar di Bali.  Didirikan pertama kali oleh Will Meyrick, restoran yang mengedepankan filosofi “ditemukan dan dicari” merupakan salah satu perwujudan dari keinginan sang chef untuk menciptakan sebuah tempat makan yang menawarkan berbagai masakan slow-cooked. Berlokasi di area Ubud, para pengunjung tentunya dapat menikmati berbagai masakan lezat ditemani dengan pemandangan hijau yang menenangkan jiwa. Cobalah berbagai masakan lokal menarik seperti Padang style cumi cumi kalio stuffed with mince prawn simmered in rich curry with cassava leaf and petai atau ginger lemongrass creme brulee with strawberry, mint leaf, honey, black pepper, salted caramel stick and lime foam. Berbagai minuman segar yang wajib untuk dicoba adalah Chilli & Lime Margarita dan Hujan's Watermelon Ginger Crush yang akan memanjakan lidah setelah menikmati masakan berat.

 

3/6 Kong

Bertempat di sebuah bangunan bergaya kolonial di kawasan Berawa, Kong membawakan keeleganan tersendiri di dunia kuliner Bali. Dikepalai oleh Executive Chef Kim Jonsson, Kong menghadirkan hidangan Eropa kontemporer dengan cita rasa yang menggugah selera.

Suasananya yang tenang dapat dirasakan begitu para tamu berjalan melewati pintu, dimana mereka disambut dengan alunan musik dan dekorasi mewah untuk menemani pengalaman bersantap yang menyenangkan.

Clams Marinier, sebuah menu yang berisikan kerang segar yang dibudidayakan dari akuarium air asin mereka dan dimasak dengan saus anggur putih tradisional menjadi sebuah pilihan menarik untuk dinikmati bersama teman dan keluarga. Wine dan cocktail pun juga turut hadir untuk menyemarakan pengalaman bersantap. 

Namun, bagi para wisatawan yang belum bisa pergi berlibur ke Bali tidak perlu khawatir. Berkolaborasi dengan The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place, Chef Kim Jonsson hadir untuk memberikan berbagai menu pilihan yang bisa dinikmati di PA.SO.LA. Para tamu yang ingin menikmati kreasi dari Chef yang telah meraih satu Michelin Star tersebut bisa menikmati 3-course lunch dan 4-course dinner dengan harga mulai dari IDR 395,000++. Menu yang disajikan mulai dari Amuse Bouche- Lobster Spoon hingga Rhubarb and Vanilla.

 

4/6 Golden Monkey Chinese Restaurant
4 golden.jpg

Foto:Dok. goldenmonkeycanggu.com

Bagi para pecinta masakan Chinese-Cantonese, Golden Monkey Chinese Restaurant menjadi pilihan yang tepat ketika berlibur di kawasan Ubud, Bali. Restoran yang memamerkan suasana dan dekorasi restoran khas Chinese yang mewah tersebut menawarkan para pengunjungnya masakan seperti Chinese BBQ yang otentik, Dim Sum, dan makanan Chinese Cantonese lainnya dengan kelezatannya sendiri termasuk masakan vegan dan bebas gluten.Para pecinta daging juga dapat menikmati hidangan klasik seperti Beef Black Pepper atau Crispy Pork Belly. Untuk pengunjung baru, sangat direkomendasikan untuk memesan menu populer mereka seperti Peking Duck, Pork Belly, Noodles, dan All-You-Can-Eat-Dimsum. Selain itu, restoran ini juga menyediakan layanan delivery service apabila ingin menikmati masakan hangat tersebut di tengah kehangatan kebersamaan keluarga. 

 

5/6 Bonito Fish Bar

Chef Maurizio Bombini sebagai Executive Chef dari Mandapa, a Ritz Carlton Reserve Ubud Bali, selalu dapat memberikan kejutan yang menarik bagi para penikmat kuliner. Sang chef mendirikan Bonito Fish Bar, sebuah restoran dan bar yang menyajikan berbagai ragam masakan khas laut yang ditangkap secara fresh dan menggunakan metode penangkapan yang berkelanjutan. Sebagai sister restaurant dari restoran Italia MAURI, Bonito Fish Bar yang berlokasi di kawasan Kuta Utara ini menawarkan sebuah cita rasa bintang 5 dalam setiap kreasinya. Para pengunjung dapat mencicipi berbagai menu lezat seperti Japanese Oyster, Tuna Tartare, dan masih banyak lainnya. Dessert seperti Sorbet dan varian Yoghurt Cheesecake menjadi penutup yang wajib dipesan untuk menutup pengalaman kuliner yang sempurna. 

 

6/6 Poke Theory

Seperti kota besar pada umumnya, banyak masyarakat Bali yang menerapkan gaya hidup sehat ke dalam keseharian mereka. Untuk pecinta masakan sehat, Poke Theory menawarkan variasi menu makanan sehat tanpa perlu mengorbankan cita rasa yang lezat. Selain menawarkan masakan dengan nutrisi yang seimbang, restoran ini juga menjadi salah satu tempat makan yang mendukung bebas plastik. Bagi para tamu yang baru pertama kali mengunjungi Poke Theory, sangat direkomendasikan untuk memesan signature bowls seperti O.G Salmon dan Spicy Garlic Trippin. Para pengunjung juga dapat memesan menu build-your-own creations dimana poke bowl tersebut bisa disesuaikan dengan preferensi mereka. Selain menu poke bowl yang sehat, pengunjung juga dapat memesan berbagai cold-pressed juice yang segar sebagai pendamping makan yang nikmat.