Kedai kopi, dimanapun lokasinya, selalu menjadi tempat terbaik untuk berbincang, bersantai dengan teman atau keluarga, bekerja maupun sekedar menikmati kopi hangat di sela-sela waktu luang.

Tidak hanya menawarkan kopi berkualitas, berbagai kedai kopi di Asia ini juga memiliki interior serta suasana yang menarik. Tak heran jika pengunjung selalu betah berlama-lama menghabiskan waktu di dalamnya.

Jika kamu penggemar kopi dan hobi travelling, berikut 8 kedai kopi yang wajib masuk ke dalam daftar kunjunganmu.

1/8 Six Ounces Coffee, Indonesia

Membawa suasana tropis ke dalam keramaian ibu kota, Six Ounces Coffee menjadi tempat terbaik untuk melepas lelah setelah menjalani aktivitas harian yang padat. Kedai kopi yang berlokasi di kawasan Menteng ini menghadirkan berbagai ruangan yang lapang di mana setiap sudutnya diterangi oleh cahaya matahari alami. Pada bagian interiornya, pengunjung akan merasa sedang berada di alam terbuka khas Bali yang sejuk dan menenangkan. Ketika bersantap di sini, jangan lewatkan Truffle Mushroom Cream Ravioli yang menggugah selera serta Bombolini yang disajikan dalam 6 rasa berbeda. Tidak hanya di Menteng, outlet Six Ounces lainnya yang berlokasi di Kelapa Gading maupun di Panglima Polim mengusung konsep tropikal. Menjadikannya salah satu coffee shop terbaik untuk bersantai dan bersantap.

2/8 Merchant’s Lane, Kuala Lumpur

Menjadi salah satu destinasi favorit bagi para traveller Indonesia, Malaysia ternyata memiliki berbagai kedai kopi cantik yang tersembunyi di sudut kota. Salah satunya adalah Merchant’s Lane yang berlokasi di Kuala Lumpur. Kedai kopi ini didirikan di sebuah bangunan tua yang sebelumnya sempat dijadikan sebagai rumah bordil. Menawarkan berbagai keindahan seperti poster antik, bantal motif peranakan, dan pernak-pernik Melayu-Cina, kedai kopi ini juga melestarikan pohon besar yang terdapat di dalam ruangan cafe untuk mempertahankan suasana dan keunikan dari bangunan lama tersebut. Sampai hari ini, kafe tersebut telah mendapatkan titel sebagai salah satu kafe paling Instagrammable di Malaysia.

3/8 Trois, Hong Kong

Permainan warna menjadi salah satu hal yang dapat dengan mudah terlihat ketika memasuki Trois, sebuah kedai kopi baru yang baru dibuka di Hong Kong. Memadukan unsur geometri cantik dan warna pastel yang playful, Trois Cafe menjadi salah satu cafe paling Instagramable di Hong Kong tahun ini. Tidak hanya itu, desain berbentuk seperti jendela melingkar yang dipercantik dengan garis putih ini tentunya menjadi salah satu spot foto favorit bagi para pengunjung yang datang. Dengan berbagai keunikan interior yang diperlihatkan, Trois menjadi salah satu destinasi kuliner wajib dikunjungi ketika berpetualang di Hong Kong.

4/8 Hathaway, Singapore

Singapura tidak hanya dikenal dengan arsitektur dan destinasi pariwisatanya, namun juga skena kulinernya. Ketika berkunjung ke Negeri Singa ini sempatkan dirimu untuk berkunjung ke salah satu coffee shop paling Instagrammable yaitu, Hathaway. Berlokasi di Dempsey Road, kedai kopi ini tidak hanya menjadi tempat favorit para pengusaha muda, tetapi juga para wisatawan dari manca negara. Mengusung desain interior yang minimalis dan terbuka, kedai modern ini menawarkan ketenangan serta keanggunan melalui furnitur yang didominasi dengab elemen batu serta kayu. Bagian bar kedai kopi ini juga menjadi spot favorit untuk sekedar duduk sambil menikmati sajian kopi yang nikmat.

5/8 Lacàph, Kota Ho Chi Minh

Lacaph.jpgFoto dok: Lacàph

Menyuguhkan suasana alam yang damai berkat desain interiornya yang terbuat dari kayu serta batu bata, kedai kopi bernama Lacàph ini menjadi surga tersendiri bagi siapapun yang menginginkan keheningan. Seluruh ruangan dibuat dari 90% kayu reklamasi, memberikan kesan natural tanpa terlihat berlebihan. Tidak hanya memberikan ketentraman bagi para pengunjung yang datang, desain interior seperti atap miring dengan loteng berjendela ini juga turut memanjakan mata. Menariknya, bisnis kopi ini turut mendukung para petani kopi lokal vietnam dengan memakai produk lokal dari empat provinsi di negara tersebut.

6/8 Uni Gyre, Tokyo

Sebagai salah satu kota yang tak pernah tidur, berbagai kedai kopi di Tokyo menjadi salah satu tempat pelarian terbaik dari keramaian ibu kota. Dengan tingginya konsumsi kopi dan kafein di ibu kota Jepang ini, banyak pemilik kedai kopi yang menghiasi coffee shop mereka dengan dekorasi cantik untuk memberikan kenyamanan kepada para pengunjungnya. Salah satunya adalah Uni Gyre. Dirancang oleh perusahaan Jepang Atelier Tsuyoshi Tane Architects, cafe ini mengusung konsep alam dengan menghadirkan berbagai tanaman dan tempat duduk unik yang terbuat dari kubus kayu dengan ketinggian yang bervariasi. Kontras dengan penggunaan lampu yang redup, bar kedai tersebut memancarkan sinar yang lebih terang sehingga menjadi salah satu spot yang sering mencuri perhatian.

7/8 HOH Cafe (東厚食 Cafe), Zhubei City, Taiwan

Seolah memasuki rumah yang dirimbuni oleh berbagai tanaman cantik dan menjuntai, HOH Cafe menjadi salah satu tempat menyegarkan yang wajib dikunjungi pada akhir pekan. Berlokasi di kota Zhubei, Taiwan, kedai kopi ini menawarkan suasana homey yang membuat para pengunjungnya merasa nyaman untuk menghabiskan waktunya di sini. Dirancang oleh Infeel Architects, struktur bangunan kedai kopi ini terbuat sepenuhnya dari kontainer. Besi yang direpresentasikan ke dalam kerangka bangunan ini juga memantulkan bayangan dari berbagai pepohonan cantik yang di tanam di sana. Sangat direkomendasikan untuk membawa buku sebagai salah satu cara untuk bersantai di sana.

8/8 Vista Coffee Shop, Fuzhou. China

vista.jpgFoto dok: archdaily.com 

Coffee shop terakhir yang wajib masuk ke dalam daftar kunjunganmu adalah, Vista Coffee Shop di Fuzhou. China. Dirancang oleh seorang arsitek ternama berbasis di Hong Kong dan Guangzhou, Karvone, kedai kopi seluas 945-meter persegi ini menghadirkan interior dengan struktur baja bergelombang seperti pita yang dramatis dan melayang tepat di atas kepala. Suasana tropis juga dihadirkan melalui tanaman hijau yang menggantung dengan anggun dari teralis. Elemen terrazzo dan logam serta bangku dan lantai teraso turut melengkapi suasana imajinatif. Tidak hanya itu saja, Vista juga terpilih untuk Penghargaan Desain Restoran & Bar.

Source: hk.asiatatler.com

Translated by: Hesikios Kevin