Kita biasa mengenal presiden kita sebagai orang penting dan penuh kesibukan. Namun, jarang kita tahu, ketujuh presiden kita memiliki tempat favorit mereka sendiri untuk mengisi perut dengan hidangan-hidangan yang cocok dengan selera mereka. Berikut enam restoran favorit Presiden RI yang bisa kita coba.

Sukarno: Restoran Cahaya Kota

pjimage.jpg

Photo Doc. Cahaya Kota & Ipospedia

Restoran legendaris ini sudah beroperasi selama 70 tahun dan merupakan restoran favorit presiden pertama RI, Sukarno. Menu favorit yang sering dipesan beliau adalah Mi Goreng. Restoran ini juga menjadi favorit anak dan cucunya karena Megawati dan Puan Maharani sesekali terlihat berkunjung ke restoran yang terletak di Menteng ini.

Restoran Cahaya Kota

Jl. K.H. Wahid Hasyim No. 9, Jakarta Pusat

Telp.: 021-314-3077

Suharto: Bakmi Jawa Pak Haji Minto 

pjimage (2).jpg

Photo Doc. Nusaku.id & Indonesia Inside

Di dekat Stasiun Gondangdia, kamu bisa temukan restoran bakmi yang dulu menjadi tempat makan favorit Presiden RI ke-2 Indonesia, Suharto. Restoran yang telah berdiri sejak tahun 1964 ini menyediakan bakmi Jawa yang dimasak dengan bumbu yang khas. Tentunya sesuai dengan selera Suharto yang juga merupakan orang Jawa.

Bakmi Jawa Pak Haji Minto 

Jl. Cut Mutia No.1, Jakarta Pusat

Telp.: 021-9820-9488 / 021-9705-3339 / 021-9138-4567

B.J. Habibie: RM Sari Bundo


pjimage (3).jpg

Photo Doc. Sari Bundo Masakan Padang & YouthManual

Rumah Makan Sari Bundo adalah tempat favorit B.J. Habibie untuk menikmati masakan khas Minang Beliau sering memesan ayam goreng dan jus terong belanda di rumah makan yang telah berdiri sejak 1967 ini dan juga salah satu rumah makan Minang tertua di Jakarta. Buat kamu yang penasaran dengan hidangan yang membuat presiden RI ke-3 ini ketagihan, kamu bisa berkunjung ke daerah Gambir dan rasakan sendiri kelezatannya.

RM Sari Bundo

Jl. Ir Juanda No. 27, Jakarta Pusat

Telp.: 021-345-8343 atau 021-386-5055

Megawati & Gus Dur: Gado-Gado Direksi
pjimage (4).jpg

Photo Doc. Good Indonesia Food & Wikipedia

Restoran ini menjadi kesukaan dari dua orang penting Indonesia, Megawati Sukarnoputri dan Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Tidak heran, karena warung gado-gado ini memiliki racikan bumbu yang juara, membuat dua Presiden RI ini ketagihan. Berdiri sejak tahun 1967, warung gado-gado yang berada di kawasan Kota ini menyajikan sayuran segar dan bumbu kental yang gurih.

Gado-Gado Direksi 

Jl. Pintu Besar Selatan, Jakarta Barat

Telp.: (021) 9253-1495

SBY: Bakso Sukowati 

pjimage (5).jpg

Photo Doc. Merah Putih & Harian Sejarah

Warung bakso yang ada di daerah Cikeas ini merupakan warung bakso langganan keluarga Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY. Bakso Sukowati telah berdiri sejak tahun 1994, dan telah menjadi tempat pilihan SBY untuk acara keluarga hingga acara kenegaraan. Bakso Sukowati menyajikan bakso polos dengan pilihan mie kuning atau bihun. Meskipun terdengar sederhana, sajian bakso dari tempat makan ini terkenal akan tekstur baso yang lembut dan kenyal serta kuahnya yang sedap dan menggugah selera. Jika kamu sedang berkunjung ke Bogor, sempatkan untuk mampir ke daerah Cikeas dan cicipi bakso favorit SBY ini.

Bakso Sukowati

Jl. Letda Nasir, Bogor, Jawa Barat

Telp.: 021-8246-6044

Jokowi: Rumah Makan Medan Baru
pjimage (6).jpg

Photo Doc. Pergi Kuliner & Twitter

Rumah makan yang ada di daerah Pasar Baru ini menyajikan menu ikan kakap favorit Presiden RI saat ini, Joko Widodo. Rumah makan khas Melayu dan Padang ini memang terkenal dengan gulai kepala ikan kakap yang mantap dan bikin ketagihan. Bahkan, Joko Widodo juga mengajak menteri kabinet dan wartawan untuk berbagi kelezatan hidangan restoran ini saat makan siang.

Rumah Makan Medan Baru

Jl. Krekot Bunder No.65 RT.01/RW.06, Jakarta Pusat

Reservasi: 021-385-8992