Perayaan Valentine memang kerap diasosiasikan dengan makan malam romantis di restoran bersama dengan sang pujaan hati. Namun, tidak ada salahnya jika kamu berencana untuk membuat perayaan Valentine tahun ini menjadi lebih berkesan dengan berkunjung dan menikmati malam yang romantis di lima restoran termahal di dunia ini.

1/5 Alain Ducasse au Plaza Athénée, Paris

resto 1.jpg

Foto: Instagram Hotel Plaza Athénée

Dengan meja makan yang terletak tepat di bawah chandelier yang terdiri dari 10000 kristal yang berkilau, kamu akan dibuat kagum begitu melangkah masuk ke dalam restoran Alain Ducasse au Plaza Athénée ini. Selain dekorasi yang artistik, tentu saja rangkaian menu yang disajikan dalam restoran ini juga patut diacungi jempol, seperti contohnya langoustin dengan caviar yang lezat. Dengan biaya yang berkisar di antara 500 hingga 600 dolar AS per orang (Rp6,8 - Rp8,2 juta), ditambah dengan lokasinya yang bertempat di Paris, City of Love, restoran Alain Ducasse au Plaza Athénée ini merupakan salah satu restoran termahal terbaik untuk merayakan Valentine.

2/5 Masa, New York

resto 2.jpg

Foto: Instagram Bar Masa

Dengan biaya sebesar 595 AS dolar per orang atau setara dengan Rp8,1 juta, tidak termasuk pajak dan minuman, restoran Jepang dengan 3 Michelin stars, Masa yang bertempat di New York memang kerap disebut sebagai salah satu restoran termahal di Amerika. Namun, hal tersebut pun cukup sebanding dengan pengalaman yang ditawarkan, di mana kamu akan disuguhkan beragam sushi lezat yang terbuat dari bahan-bahan segar, sehingga Masa bisa menjadi pilihan tepat untuk merayakan Valentine di New York jika kamu dan pasanganmu adalah pecinta makanan Jepang.

3/5 Guy Savoy, Paris

resto 3.jpg

Foto: Instagram Guy Savoy

Satu lagi restoran termahal yang bertempat di Paris, Guy Savoy dapat menjadi alternatif lain jika kamu dan pasanganmu memilih untuk merayakan hari Valentine di City of Love ini. Menunya sendiri terdiri dari berbagai hidangan lezat, seperti artichoke soup with black truffle dan stuffed free-range hen, namun ada juga set menu yang bisa kamu coba dengan harga €478 atau Rp7,2 juta. Padukan dengan wine, dan perayaan Valentine-mu di sini bisa menjadi salah satu yang terbaik yang pernah kamu rasakan.

4/5 Kyoto Kitcho Arashiyama, Jepang

resto 4.jpg

Foto: Instagram Kyoto Kitcho Arashiyama

Kyoto Kitcho Arashiyama kerap disebut sebagai restoran Jepang termahal di dunia, namun hal tersebut bukanlah tanpa alasan. Restoran yang berlokasi di Kyoto ini hanya menyediakan menu kaiseki, yaitu hidangan traditional multi-course khas Jepang, di mana set menu ini berkisar dari 40 ribu yen hingga 60 ribu yen, atau sekitar Rp5 hingga Rp7,5 juta. Selain itu, ada juga course Omakase yang harganya disesuaikan dengan harga pasar. Jangan lupa untuk memadukan santapanmu di sini dengan berbagai pilihan sake atau wine.

5/5 Sublimotion, Spanyol

resto 5.jpg

Foto: Instagram Hard Rock Hotel Ibiza

Last but not least, Sublimotion yang berlokasi di Spanyol adalah restoran termahal dalam list ini, dan mungkin saja juga merupakan yang termahal di seluruh dunia. Namun, dengan biaya yang disebut mencapai €1,500 per orang, atau sekitar Rp22 juta, kamu dapat merasakan pengalaman fine dining yang benar-benar unik dan eksklusif. Contohnya saja, tidak hanya rangkaian hidangan lezat, Sublimotion juga melengkapi pengalamanmu dengan berbagai atraksi menarik, seperti virtual light show, musik, serta elemen-elemen virtual reality, sehingga pengalaman yang akan kamu dapatkan tentu akan sangat berkesan, lebih dari sekadar pengalaman bersantap biasa.

Baca juga: Dari Bali Hingga Maldives, Berikut 5 Restoran Aquarium Terbaik di Dunia

Tags: Valentine, Restoran Termahal, Fine Dining, Guy Savoy, Kyoto Kitcho Arashiyama, Sublimotion, Alain Ducasse au Plaza Athénée, Masa