Ramen yang merupakan makanan asal Jepang ini tentu sudah banyak penggemarnya. Bagaimana tidak, Ramen yang disajikan di restoran-restoran terkenal Jakarta sangatlah lezat dan gurih. Versi asli olahan Ramen ini sebenarnya mengandung pork (daging babi). Tetapi, beberapa gerai Ramen di Jakarta punya setifikat halal langsung jadi tidak perlu khawatir bagi kamu yang tidak bisa mengonsumsi pork. Meski tanpa kandungan babi, ramen halal tetap enak dengan kaldu ayam atau olahan seafood lainnya. Dihidangkan juga dengan berbagai topping seperti telur dan juga rumput laut atau seaweed. Yuk intip 5 restoran Ramen halal berikut ini.

Ikkudo Ichi

Siapa yang tidak tahu kedai ramen yang satu ini? Ikkudo Ichi telah berhasil merebut perhatian publik dengan cita rasa kaldunya yang kental dan gurih. Tidak semua cabang ramen ini menghidangkan masakan yang halal. Tetapi, kamu tetap bisa menyantap ramen halalnya di Kota Kasablanka dan Mall Artha Gading. Spesialis ramen di sini adalah yang berkuah (miso, curry, kaldu, dll). Kamu juga dapat memilih jenis mie-nya, ada yang lurus ataupun keriting. Bagi kamu penyuka rasa pedas, bisa juga meminta ekstra cabai dan bawang putihnya. Tersedia menu lain, seperti Tori Karage, Gyoza udang/ayam dan Tori-Don (menu nasi).

Yoisho Ramen

Ramen halal kedua yang wajib kamu coba adalah Yoisho Ramen yang terletak di Jl. Gunawarman no.42, Jakarta Selatan. Walaupun tidak mengandung pork/lard, ramen ini tetap mempunyai cita rasa gurih yang sedap. Tersedia ramen kuah maupun kering yang dihidangkan dengan berbagai topping favorit seperti Cheese Mazemen (ramen kering) yang dilengkapi dengan potongan daging ayam, telur setengah matang, dan potongan halus seaweed. Tentunya sangat cocok untuk pilihan makan siang atau malammu. Selain itu, restoran ini juga menyediakan menu bagi para vegan yang tentunya tidak kalah lezat. 

Seirock Ya

Meskipun menu yang ditawarkan tanpa kandungan daging babi, tetapi Ramen dari Seirock Ya ini sangatlah lezat. Hampir semua orang merekomendasikan menu Toripaitan Ramen Ekstrim yang menjadi menu andalan restoran ini. Topping-nya banyak, ada irisan ayam, rebung, sayuran, telur puyuh, bawang goreng, dan sentuhan rasa lemon. Porsi satu mangkoknya juga cukup besar dan mengenyangkan. Walaupun tekstur kaldu ayamnya sangat kental, tetapi rasanya tidak membuat eneg sama sekali. Tersedia juga menu nasi seperti Curry Don, Kara Age Don, Gyu Yakiniku Don dan masih banyak menu yang lezat. 

Hakata Ikkousha

Tidak semua gerai Hakata Ikkousha menyediakan Ramen halal di Jakarta. Tetapi gerai yang terletak di mall Senayan City menyediakan ramen yang terbebas dari pork. Menu andalan di sini adalah Ramen Ayam Tamtam dengan ukuran mie-nya yang kecil, bertekstur kenyal, topping boiled egg, chasu ayam, jamur, dan daun bawang. Kuahnya gurih dan kental, dan pastinya akan membuatmu ketagihan. Uniknya lagi, di Hakata Ikkousha, kamu juga bisa menikmati Cheese Crotto/ Chocolate Crotto (jenis pastry) dari Ladino Japanese Bakery.

Nanami Ramen

Pujian kerap terdengar dari ucapan orang-orang Jakarta yang pernah mencicipi Nanami Ramen ini. Menu terfavorit di sini adalah Spicy Miso Ramen with Egg. Kuah kaldu ayam yang disajikan sangatlah gurih, rasanya juga sedikit pedas. Telur setengah matangnya enak dan daging ayamnya empuk, bumbu kaldunya sampai meresap ke dalam-dalam. Oh iya, dibandingkan gerai ramen lainnya, harga yang ditawarkan Nanami Ramen lebih bersahabat. Jadi cocok untuk dijadikan alternatif makan siang/ malam untuk tanggal tua. 

Baca juga: 5 Restoran Dan Kafe Di Jakarta Yang Mengusung Tema Tempo Dulu