Mencoba masakan Jepang, Korea, ataupun Eropa sudah sangatlah biasa. Berkaitan dengan bulan puasa yang sudah semakin dekat ini, tidak ada salahnya jika kita mencoba makanan dari negara Timur Tengah. Makanan khas Turki biasanya memang jarang digandrungi karena rasanya yang sangat unik dengan sentuhan rempah-rempah alami. Namun, dessert, pastry maupun hidangan utama khas negara ini sangat lezat dan pastinya akan membuatmu ketagihan. Berikut 5 restoran Turki terbaik di Jakarta yang dapat kamu kunjungi. 

Berlin Doner

Berlin Doner merupakan salah satu tempat makan cepat saji di Jerman yang kemudian membuka cabang di negara-negara lain. Di Indonesia khususnya, Berlin Doner terletak di Plaza Festival Kuningan, Jakarta Selatan. Menu yang ditawarkan berupa doner kebab, dengan berbahan utama daging yang lezat dan juicy. Menu favorit yang bisa kamu nikmati langsung berupa The Berlin Doner dan The Berlin Box. Isiannya sama yaitu irisan tipis daging ayam panggang, selada, kol merah, tomat, mentimun, bawang merah, wortel, serta cabai hijau. Bedanya terletak di cara penyajiannya, The Berlin Doner disajikan bersama roti Turki, sedangkan The Berlin Box menggunakan kotak yang telah disediakan. Terdengar menggiurkan bukan? Langsung saja mampir ke Berlin Doner!

 Mardin Baklava Patisserie


Jika kamu mengunjungi Mardin Baklava Patisserie, jangan lupa untuk mencoba berbagai pastry unik yang disediakan di sini. Apalagi buat kamu pecinta makanan manis dan buttery. Tempat ini tentu sangat cocok untuk dikunjungi bersama teman-teman maupun orang tersayang. Crunchy and sweet, banyak orang yang datang ke cafe ini demi mencicipi baklava topping pistachio-nya yang super terkenal. Tidak hanya itu saja, cheese kunafenya juga lezat, disajikan dengan keju mozzarella yang meleleh di dalam mulut. Kualitas makanannya pun tidakdapat  diragukan lagi. Semua makanan yang ada di kafe ini semuanya adalah homemade.  

Turkuaz

picture-1489390303.jpg

source: Pergi Kuliner

Mendambakan suasana kota Turki dengan desain interior dan ornamen autentik-nya? Kunjungi saja restoran Turkuaz yang terletak di Jl. Senopati ini. Menyajikan berbagai makanan Turki, mulai dari makanan berat hingga hidangan penutup seperti dessert manis berbahan chocolate maupun keju. Semuanya ada di sini. Cicipi juga Sade Doner Kebab khas Turki yang disajikan dengan Sumack onion salad dan Lavaş Ekmeği bread. All in one dish! Rasanya sangat komplit, mulai dari asin, gurih, dan pedas. Selain itu, daging yang dihidangkan juga sangat lembut dan empuk. Saat berkunjung kesana, jangan lupa untuk menikmati Baklava Platter-nya yang khusus menghidangkan 3 jenis baklava sekaligus. 

 Istanbul Turkey Restaurant & Lounge

Jika kamu penggemar makanan bercitarasa khas Mediterania,  Istanbul Turkey Restaurant & Lounge yang berlokasi di kawasan Kemang, Jakarta Selatan ini adalah tempat yang tepat untuk kamu kunjungi. Mengusung tema casual dining, restoran ini berparas apik dan luas, serta dilengkapi dengan berbagai ornamen lampu pada setiap dinding ruangannya. Sesuai dengan namanya, lantai dua digunakan sebagai “lounge” yang khusus diperuntukkan bagi pada pengunjung yang merokok ataupun ingin mencoba shisha. Menu yang ditawarkan di restoran ini sangatlah beragam, dari makanan pembuka hingga penutup. Koki restoran ini juga langsung didatangkan dari Turki, sehingga bumbu dan bahan yang digunakan sungguh mewakilkan cita rasa authentic dari masakannya tersebut. Hidangan yang paling terkenal disini adalah Lahmajun atau Lahmacun yang merupakan suatu adonan roti yang diberi aneka topping lezat seperti daging cincang kambing pedas, potongan tomat, bawang bombay, dan peterseli. Perpaduan topping ini justru akan memberikan aroma nikmat tersendiri pada hidangan tersebut. Kalau kamu berkunjung kesini, kamu wajib memesannya. 

Warung Turki by Turkuaz

Mau menikmati suasana restoran yang desain eksterior dan interiornya terlihat menawan? Yuk, kunjungi Warung Turki by Turkuaz yang terletak persis di Jl. Kemang Raya. Seperti restoran Turki lainnya, tempat ini juga dihiasi dengan ornamen-ornamen khas, seperti lampu gantung etnik berwarna-warni. Pemilihan motif kain sofa dan cushion-nya pun juga colorful, menciptakan nuansa Middle-East yang kental. Terdiri dari 3 lantai, dimana lantai 1-nya terdapat oven tradisional besar yang memungkinkan para pengunjung untuk melihat langsung proses pembuatan makanan. Lantai 2 digunakan khusus untuk dining area yang suasananya yang sangat homey. Lantai 3 ini bisa disebut sebagai semi-private area yang biasa digunakan untuk acara-acara tertentu. Restoran ini juga menyediakan menu buffet untuk berbuka puasa dalam rangka menyambut bulan Ramadhan. Signature dish disini adalah Sultan’s lamb (daging anak domba yang dipanggang dengan rempah/garam) dab Iskender kebab (irisan daging domba panggang Shamarwa dengan rempah, disirami saus berbahan tomat segar). 

Baca juga: 5 Kafe Dan Restoran Di Yogyakarta Yang Wajib Dikunjungi Oleh Para K-pop Fans