Jika kamu bosan mengunjungi kafe maupun restoran masa kini yang mengusung tema minimalis-moderen, kamu bisa memulai untuk mencari referensi baru. Ada berbagai tempat makan di Jakarta yang didesain dan dibangun dengan memakai konsep bangunan vintage/tempo dulu. Tentu, kamu juga bisa berfoto ria dengan sahabat sambil menikmati nuansa klasiknya. Berikut 5 kafe dan restoran tempo dulu di Jakarta yang dapat kamu kunjungi.

Cafe Batavia

Konsep kafe unik yang satu ini mengusung tema penjajahan Belanda tempo doeloe. Design yang digunakan mengusung tema asri, klasik, dan menggunakan style bahan kayu yang tentunya membuat kafe terasa nyaman dan menyejukkan. Banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke sini untuk menikmati makanan yang dihidangkan. Tersedia menu makanan berat hingga ringan seperti Nasi Goreng Kampung, Buntut Goreng, Dimsum, Reinvented Klepon, dan masih banyak menu lezat lainnya. 

Bunga Rampai

Restoran yang bergaya Belanda dan klasik ini dapat menjadi pilihan kedua kamu untuk menikmati konsep restoran anti-mainstream. Menu masakan Nusantara di sini sangatlah banyak dan menarik. Ada Ayam Bakar Gandaria, Rendang Malin Kundang dan Nasi Bali. Minumannya juga diberi nama unik, salah satunya Cinderella (jeruk, nanas, and jeruk nipis). Dengan didominasi bangunan warna putih dan tatanan meja dan dekorasi yang mewah nan klasik, restoran ini berhasil memikat perhatian banyak orang. 

Lara Djonggrang

Salah satu restoran klasik yang asli dari Keraton ini terdapat di Jl. Teuko Cik Ditiro, Menteng. Design dan dekorasi dari tempat makan ini benar-benar berasal dari Keraton. Jika kamu menikmati makan malam di sini, kamu akan merasakan nuansa hidup di era kerajaan dulu. Menu yang dapat kamu pesan sangat beraneka ragam, mulai dari Ikan Cakalang yang bumbunya meresap, Udang Petai Balado dan Ayam Bakar khas Lara Djonggrang. Kamu juga bisa langsung reservasi tempat untuk acara kantor ataupun event special lainnya.

Tugu Kunstkring Paleis

Restoran yang mengusung tema seni dan budaya sudah sangat jarang ditemukan. Terutama yang memamerkan budaya khas Indonesia. Tapi tenang saja, di restoran Kunstkring ini, kamu bisa merasakan lagi nuansa tradisional klasik tersebut. Walaupun bangunan dan segala dekorasinya terkesan sangat vintage dan klasik, tapi menu makanannya tetap moderen dan kekinian. Bahkan penyanyi terkenal Ed Sheeran yang baru mengadakan konser di Jakarta pun menyempatkan diri untuk berkunjung ke sini. Jadi, tunggu apa lagi?

Dapur Babah Elite & Tao Bar

Tidak mau ketinggalan, restoran terakhir bertema bangunan tempo dulu dapat kamu temui di restoran Dapur Babah Elite. Kamu bisa memesan menu Kepiting Soka, Hot & Spicy Brongkos Daging, Roedjak Tjingoer, dan masih banyak menu Nusantara lainnya. Cita rasa masakan di sini sangatlah lezat dan menggiurkan. Untuk event tertentu, kamu juga bisa memesan Tumpeng yang dihiasi dengan berbagai lauk dan sayur-sayuran. Walaupun konsep dekorasi terkesan jadul, tapi restoran ini banyak diminati oleh orang Jakarta.

Baca juga: 5 Katering di Jakarta Untuk Berbuka Puasa Bagi yang Menjalani Diet Keto