Kita tidak bisa pungkiri, terkadang makanan street food atau kaki lima memiliki pesona tersendiri yang menarik mata. Lokasi dan tempat yang jauh dari kata mewah, tidak menyurutkan bisnis makanan ini. Pun, ketika kamu berwisata, akan lebih mudah mengenal satu daerah melalui street food-nya. Kali ini kami akan melengkapi daftar street food yang dianugerahi Michelin Star sebelumnya. Barangkali dalam waktu dekat, kamu tertarik untuk berpelesir ke sana.

 header image-doc.David Egon_pexels.JPG

Foto: doc.David Egon/pexels.

Michelin Guide yang kita kenal memang identik dengan daftar restoran fine dining dan juga koki-koki andal. Namun, di balik itu, Michelin Guide juga menyiapkan sebuah penghargaan khusus untuk kaki lima, yang bernama Bib Gourmand. Motto mereka adalah "good quality, good value restaurants". Sejak 1997, Michelin Guide telah memberikan cukup banyak Bib Gourmand. Di Asia sendiri, street food  dengan penghargaan Bib Gourmand telah menjamur di Thailand, Hong Kong, Taiwan, hingga Singapura.

Bagi street food yang telah mendapatkan Bib Gourmand, artinya mereka memiliki makanan berkualitas baik dengan harga terjangkau. Cara memasak mereka juga sederhana dan makanannya mudah dikenali oleh masyarakat hingga turis domestik maupun asing. 

 Berikut ini adalah deretan street food yang direkomendasikan oleh Michelin di wilayah Asia: 

1.Khao Soi Mae Manee (Thailand)

Khao-Soi-Mae-Manee.jpg

Foto: doc.Khao Soi Mae Manee/guide.michelin.com

Jika kamu berwisata ke daerah utara Thailand, Khao Soi adalah makanan andalan di wilayah ini. Dalam satu jalan di daerah Chiang Mai, kamu bisa menemukan beberapa tempat yang menjual Khao Soi, namun milik Mae Manee memiliki rasa yang tidak akan mudah terlupakan. Khao Soi sendiri merupakan mie kuah kari, dengan rasa kaldu yang gurih dan kental. Biasanya, mie ini akan diberi toping potongan daging sapi, keripik mie, dan dilengkapi side dish berupa acar sayur, bawang merah, dan potongan jeruk nipis untuk rasa segar. Khao Soi Mae Manee sudah berjualan sejak 1984 dan mendapat pengakuan Michelin dengan Bib Gourmand pada 2020. Usaha warung mie ini dimulai dari senyum ramah mendiang ibu mereka, Khun Mae Yuak, yang kemudian diteruskan turun temurun. Cerita keramahan dan kebaikan ini konon kerap diceritakan pada siapa saja yang datang ke warung mereka, memastikan setiap pengunjung ikut merasakan kehangatan yang sama dari kenangan terhadap mendiang ibu mereka.

2. Pae Bronze Pot Porridge 38 Years (Thailand)

Pae Bronze Pot Porridge 38 Years.jpgFoto: doc.Pae Bronze Pot Porridge 38 Years /guide.michelin.com

Cerita tentang melestarikan usaha warung makanan kaki lima juga terjadi di sini. Dari tampilannya, kamu mungkin merasa tiada hal yang istimewa. Namun, warung ini menggunakan teknik memasak khusus dan rasa kaldu yang kaya, menjadikannya tempat favorit untuk menikmati semangkuk bubur. Pae Bronze Pot Porridge 38 Years sudah berdiri hampir enam dekade lalu dan saat ini dipegang oleh generasi ketiga, yaitu Piyathammarat. Nama warung ini didedikasikan untuk ayahnya yang bernama Pae dan angka favoritnya, 38. Zaman sebelum Piyathammarat lahir, mereka memasak bubur dengan kompor arang dan memakan waktu sepanjang malam. Seiring zaman semakin modern, Piyathammarat memodifikasi resep menggunakan bone broth dan dimasak di dalam mangkuk tembaga. Piyathammarat juga memasak bubur hanya saat ada pelanggan. Metode memasak ini jauh lebih cepat dan memberikan cita rasa baru yang nikmat. Buburnya juga tetap panas, bahkan hingga suapan terakhir. Salah satu menu favorit yang layak untuk dicoba adalah bubur dengan daging tiram segar

 3.Stinky Tofu Boss (Taipei)

Stinky Tofu Boss.jpg

Foto: doc.Stinky Tofu Boss /guide.michelin.com

Beralih ke Taiwan, tepatnya di sebuah pasar malam daerah Nanjichang, Taipei, berdiri sebuah warung yang terkenal dengan hidangan tahu kuah menggugah selera. Di dalam area pasar malam ini, kamu akan menemukan warung dengan nama Stinky Tofu Boss dan beberapa warung lain yang memiliki menu sama. Namun, hanya yang bernama Stinky Tofu Boss lah yang original dan masuk dalam daftar Michelin Bib Gourmand sejak 2019. Stinky Tofu Boss sebenarnya warung masakan vegetarian, stinky tofu adalah menu andalan mereka. Disebut stinky tofu, dikarenakan bau khas yang ke luar dari tahu segar hasil fermentasi. Rasanya juga berbeda dari tahu pada umumnya, lebih gurih dan asam. Pelanggan biasa memesan ini untuk dimakan sebagai lauk atau sendiri. Dalam menu ini tersaji dua potong tahu kukus lembut dan berongga yang disiram dengan kuah merah pedas (pelanggan dapat menentukan sendiri tingkat rasa pedasnya) berisi potongan daun seledri, kacang polong, irisan jahe, dan jamur. Rasanya amat gurih dan menghangatkan.

 4.Moon Tong Lok (Hong Kong)

Moon Tok Long.jpgFoto: doc.Moon Tong Lok /guide.michelin.com

Bergeser ke Hong Kong, kali ini rekomendasi datang dari sebuah warung makan yang baru saja masuk dalam daftar Michelin Bib Gourmand 2022, yaitu Moon Tong Lok, yang berlokasi di Ming On Street. Warung yang sudah berdiri sejak 25 tahun ini, memiliki spesialisasi hidangan yang seringnya dijumpai di daratan Tiongkok, terutama Shanghai dan Beijing. Moon Tong Lok dikenal sebagai salah satu warung kaki lima yang memiliki porsi makanan cukup besar. Sehingga untuk datang ke sini dan mencicip berbagai menu, sebaiknya kamu tidak datang seorang diri. Salah satu signature dish yang melegenda adalah sticky rice rolls dengan isian padat. Seluruh menu di warung ini hanya dibuat saat ada pesanan untuk menjaga kualitas kesegarannya. Pilihan lain yang juga wajib dicoba adalah susu kedelai mereka dan aneka pangsit.

5. Both Street (Hong Kong)

Both Street.jpgFoto: doc.Both Street /guide.michelin.com

Sebuah warung kaki lima tersembunyi yang berlokasi di Yuen Long ini, baru saja berdiri tahun lalu, tetapi dengan sekejap mendapat hati di masyarakat berkat hidangan tradisional Taiwan mereka. Both Street, nama warung milik So Gun ini, berfokus pada Gua Bao (atau roti isi) gaya Taiwan yang sangat populer dalam kombinasi tradisional, maupun modern. So Gun sendiri sebelumnya pernah bekerja di beberapa restoran dengan penghargaan Michelin Star, yang berfokus pada hidangan Prancis & Italia, sehingga keahlian kulinernya tak perlu diragukan lagi. Kepiawaian So Gun dalam mengembangkan menu di Both Street, menjadikan warung ini kayak mendapatkan Michelin Bib Gourmand pada 2022. Bao yang paling populer di sini adalah Gua Bao, dengan isian tradisional seperti pork belly yang diberi cacahan daun ketumbar dan disiram saus khas. Untuk bao-nya hanya dibuat terbatas 100 buah per hari dan menu Gua Bao biasanya sudah habis sebelum sore pada hari biasa, bahkan lebih cepat saat akhir pekan.