Pesona Korea memang tidak dapat dipungkiri. Kecintaan remaja terhadap K-Pop tidak hanya berpusat pada ibukota saja tetapi juga menyebar ke seluruh Indonesia termasukYogyakarta. Jika kamu merupakan salah satu K-pop fans dan sedang merencanakan untuk berlibur ke Kota Yogyakarta, maka kamu tidak boleh melewatkan 5 restoran dan kafe di Kota Pelajar yang menyajikan berbagai masakan Korea. 

Chingu Café

Kafe pertama yang harus kamu datangi ketika kamu berlibur ke Yogyakarta adalah Chingu Cafe. Kafe yang berlokasi di Jalan Kaliurang ini merupakan cabang dari Bandung yang sudah terkenal terlebih dahulu. Dibuka pada tahun 2018 lalu, Chingu Cafe menggabungkan konsep yang kekinian dengan spot foto suasana perkotaan dan pedesaan di Korea Selatan. Kafe yang sangat instagrammable ini mempunya 4 spot foto dengan tema berbeda yang terinspirasi dari 4 kota di Korea yaitu Seoul, Cheongdamdong, Bukchon Village, dan Hongdae. Tidak hanya menyediakan spot yang trendy untuk Instagrammu, kafe ini juga menyewakan cheongsam (pakaian khas) Korea Selatan untuk disewakan. Beragam menu khas Korea juga disediakan di kafe ini mulai dari Tteokbokki, Ramyun, Bibimbap hingga Korean chicken. 

Sarangeui Oppa

Bikin jatuh cinta, inilah yang acap kali dikatakan ketika seseorang sangat menyukai sesuatu ataupun terpesona akan suatu hal. Nah, di Sarangeui Oppa, kamu bisa merasakan perasaan “in love” tersebut, karena tempat makan ini menyajikan berbagai masakan Korea yang pastinya buat kamu ketagihan. Penasaran dengan cita rasa makanan yang muncul di drama Korea favoritmu? Pas banget, langsung saja datang kesini. Menghidangkan berbagai makanan khas Negeri Ginseng, menu yang ditawarkan Sarangeui Oppa sangatlah bervariasi, mulai dari Kimbab, Ramyun, hingga Dakgangjeong. Bumbu yang digunakan dalam makanan juga banyak mengandung tumbuhan herbal seperti ginseng, tangerine, ataupun persimmon. Jadi, selain enak, makanannya juga sehat & bergizi. Tersedia dessert juga, loh!

Jumbo Sikdang

Siapa bilang kalau mencicipi makanan Korea harus yang mahal? Nah, Restoran Jumbo Sikdang yang terletak di Jl. Perumnas 239B, Seturan Yogyakarta ini menyediakan berbagai jenis menu andalan dengan harga relatif terjangkau. Bahan yang digunakan juga berkualitas, dengan cita rasa yang pastinya tidak usah diragukan lagi. Yang berbeda dengan restoran/ café ala Korea lainnya adalah, Jumbo Sikdang ini menyajikan makanan khas Korea dengan resep asli, rasanya pun bisa dibilang sangat autentik. Kamu bisa mencicipi berbagai masakan seperti Kimchijigae, Bulgogi, Gomtang, Dakdoritang. Makanan yang paling banyak dicari oleh pengunjung di sini yaitu Champong (mie seafood Korea dengan kuah merah pedas). 

Hong Dae Kitchen & Café

Ingin menikmati suasana tempat makan yang minimalis dan apik, sambil diiringi dengan lagu-lagu K-Pop? Hong Dae Café ini merupakan pilihan yang tepat. Simpel dan terjangkau, kafe ini cocok sekali buat kamu yang masih pelajar ataupun mahasiswa yang ingin menyantap makanan nikmat dan pastinya bikin kenyang. Dua signature dish terpopuler di sini adalah Tteokbokki dan Bibimbap. Untuk Tteokbokki, sausnya disajikan setengah matang dengan rasa asin yang cenderung dominan. Selain itu, suasana disini juga adem dan sangat cocok untuk dijadikan tempat bersantai dengan teman-teman. Letaknya di Jl. Kaliurang, Sleman, Yogyakarta. Jangan lupa mampir ya!

HanBingo Korean Food & Dessert

Seperti namanya, HanBingo ini tidak hanya menyediakan makanan berat ala Korea, tetapi juga beraneka jenis dessert manis. Kafe ini menyediakan berbagai minuman khas Korea yaitu Bingsoo dengan varian rasa. Selain itu, HanBingo juga menyediakan Hotteok lho! Hotteok ini merupakan Korean Sweet Pancake yang memiliki perpaduan rasa menarik. Manisnya brown sugar dikombinasikan dengan cita rasa bittersweet dari Korean cinnamon menyatu dalam nikmatnya pancake khas Korea Selatan. Lalu bagaimana dengan lokasi Kafe ini? Tenang saja, HanBingo ini tempatnya cukup luas, dibagi menjadi area bermain anak, ruang ber-AC, dan smoking area. Nilai plus-nya lagi, sambil menunggu makanan datang, kamu bisa sambil memainkan berbagai game yang sudah disedikan seperti Uno dan King Pirate Roulette Game Lucky Barrel. 

 Baca juga: 6 Restoran Yang Menyediakan Lamb Chop Terbaik Di Jakarta