Dengan semakin tertanamnya wisata kuliner sebagai gaya hidup banyak orang, bisa dibilang bisnis F&B adalah salah satu yang paling menjanjikan di Indonesia. Oleh karena itu, bagi kamu yang memiliki passion berbisnis, tidak ada salahnya jika kamu mencoba peruntunganmu di bidang kuliner. Untuk inspirasi yang cocok, kami mengumpulkan lima bisnis restoran dan kedai kopi yang dimiliki oleh pengusaha-pengusaha muda Indonesia.

BEAU, Talita Setyadi

Nama pastry chef Talita Setyadi memang sudah dikenal sebagai nama yang berpengaruh di dunia pastry Indonesia. Pasalnya, wanita lulusan Le Cordon Bleu, Prancis, ini melihat potensi dalam tren konsumsi roti di Indonesia. Hal ini kemudian berlanjut ke pembuatan BEAU, toko roti milik Talita sudah dikenal sebagai destinasi untuk menikmati berbagai macam roti dan kue lezat. BEAU sendiri sudah memiliki beberapa cabang di Jakarta, seperti di Grand Indonesia dan Senopati.

Kopi Kenangan, Edward Tirtanata dan James Prananto

Sejak didirikan pada tahun 2017 oleh Edward Tirtanata dan James Prananto, Kopi Kenangan sudah menarik perhatian banyak orang dengan nama brand dan menu yang unik. Dari Kopi Kenangan Mantan sampai Kopi Kenangan Masa Lalu, kamu akan menemukan beragam nama menu yang dapat membuatmu terbawa perasaan. Dengan nama-nama kopi yang unik dan rasa yang lezat, tidak heran kalau kalau Kopi Kenangan adalah salah satu bisnis kedai kopi dengan perkembangan paling pesat di Indonesia.

Markobar, Gibran Rakabuming Raka

Markobar adalah bisnis kuliner dengan produk martabak manis yang dirintis oleh Gibran Rakabuming Raka. Salah satu menunya yang paling banyak dikenal adalah martabak dengan delapan topping modern seperti pocky dan Nutella, membuat penampilan martabak dari Markobar ini benar-benar menggugah selera. Saat ini, markobar sudah tersebar luar ke berbagai kota di Indonesia, termasuk di Jakarta, Jogja, Semarang, Surabaya, dan masih banyak lainnya.

Burgreens, Helga Angelina dan Max Mandias

Kecintaan pada makanan organik dan vegan adalah hal yang mengarahkan pasangan Helga Angelina dan Max Mandias untuk mendirikan Burgreens di tahun 2013 silam. Sampai saat ini, Burgreens terus berkembang dan sudah memiliki banyak cabang, yang mana beberapa di antaranya berlokasi di daerah-daerah ramai di Jakarta seperti Menteng, Pacific Place, dan Darmawangsa.

Di Bawah Tangga, Nino Fernandez

Selain seorang aktor berbakat, Nino Fernandez ternyata juga memiliki bakat di bidang bisnis. Terbukti dari didirikannya kedai kopi unik bernama Di Bawah Tangga, yang lokasinya benar-benar berada di bawah tangga di mal. Selain karena namanya yang unik dan menarik perhatian, Di Bawah Tangga juga menyediakan aneka kopi yang harganya relatif murah meski berada di dalam mal, namun kualitasnya tetap terjaga. Terkadang, kamu juga dapat menemukan Nino sendiri sebagai barista di salah satu gerai Di Bawah Tangga, lho! Kamu dapat menemukan Di Bawah Tangga di beberapa mal seperti misalnya Gandaria City atau Sarinah.

Baca juga: 5 Kedai Kopi Cantik Dan Instagramable Di Kota Semarang

Tags: Kuliner, Restoran, Kedai Kopi, Burgreens, Di Bawah Tangga, Pengusaha Muda Indonesia, Markobar, Kopi Kenangan, BEAU